Perjalanan Mencari Tempat Kursus Bahasa Inggris

March 15, 2022

Melanjutkan postingan gue sebelumnya tentang hidup gue yang no trilling no expectation and no boyrfriend setelah lulus kuliah ini, jadilah kegabutan gue yang agaknya haqiqi sampai waktu yang tidak ditentukan ini pengen gue isi dengan kegiatan yang sedikit berfaedah. Sebenernya dari lama ada hal pengen gue lakuin tapi sampe sekarang belum kesampean karena gue nggak punya waktu (alias nggak punya management waktu yang baik).

Gue pengen les bahasa inggris lagi.

Dulu gue pernah ambil general english di ILP Bogor lumayan lama dari gedungnya masih di ruko depan rumah sakit salak sampe pindah ke air mancur. Les disana hampir dua tahun berhasil nge improve english gue dari yang cupu, sampe bisa ditahap dimana gue jadi andalan guru english semasa SMAK buat bedah soal UN Bahasa Inggris dan jadi salah satu bocah dengan nilai TOEIC paling tinggi di sekolah. Bagi gue itu salah satu pencapaian mengingat gimana pas SMP gue bener-bener nggak paham grammar dan tenses yasalam -_-

Gue berhenti di Level Intermediate-4 karena waktu itu udah kelas 3 dan prioritas gue saat itu lulus UN, lulus ujian kompetensi dan ngejar SBMPTN. Sayang sebenernya tapi gue nggak sanggup les di dua tempat karena gue nggak mau gila.

Secara keseluruhan gue enjoy banget sama kurikulum yang dipakai di ILP. Kita dipaksa ngomong english even cuma minjem telfon ke resepsionis atau ngobrol sama temen doang selama kita berada di lingkungan ILP. Tutor nya asik, ngajarnya enak, mudah dimengerti, dan gaul-gaul abis. Dulu ada movie week dimana kita cuma nonton film doang (film English with no subtitle) yang mana itu gue rasain banget bisa nge-improve understanding gue sama conversation english. Terus setiap kenaikan level pasti ada project, entah bikin poster atau performance (dulu gue sempet bikin drama) yang menurut gue seru banget dan bikin bounding antar temen kelas makin erat. Tapi dari semua alasan itu, yang gue rasa impact nya gede banget di gue itu buat urusan listening nya. ILP yang agak ke british-british-an gitu, bikin kuping gue terbiasa denger accent english yang nggak terlalu common. Dan kalau bicara soal hasil, bagi gue sendiri, les di ILP pesat banget improvement nya.

Makanya pas gue baru pindah ke Jakarta di awal-awal masa perkuliahan gue yang cenderung gabut, gue masih nyari-nyari ILP buat lanjutin kursus. Waktu itu gue sempet ke ILP Cikini dan ILP Rawamangun karena paling deket sama rumah gue di Senen. Tapi setiap kesana, gue sama adek gue nggak pernah kebagian kelas yang gue mau. Sampe akhirnya gue udah mulai sibuk dengan perduaniwian-kuliah-tekim-yang-tidak-manusiawi, mulai disibukan praktikum setiap minggu dan dihadapkan dengan mulainya penelitian yang berlanjut ke tugas akhir. Belum lagi lembur di kantor yang beberapa tahun belakangan terkesan 'wajib'. Akhirnya sampai sekarang belum terlaksana lagi les gue itu.

Beberapa waktu lalu, gue sempet ikut tes TOEFL ITP dari kampus karena itu jadi syarat sidang skripsi. Setelah sekian lama gue nggak terbiasa lagi sama yang namanya listening, baca tulisan english yang panjang apalagi ngoreksi structure, jelas aja gue kalang kabut bukan maen, nggak pede banget sepanjang gue ngerjain itu tes. Alhamdulillahnya nilai masih termasuk tinggi tapi itu dibawah ekspektasi gue banget. Setahun kemudian gue tes lagi karena yang sebelumnya expired dan sueknya, nilai TOEFL gue makin turun gaiiiis astagfirullah -__- Walau kalau di convert masik masuk ke level Upper Intermediate tapi sumpah itu nilai gue enggak banget deh. Disitulah gue sadar nggak seharusnya gue berlama-lama nunda buat kursus english lagi.

Tapi dilemanya adalah;

1. Tentu aja duhit. Biaya les nggak murce.

2. Keterbatasan waktu karena kerja gue sekarang di Shift, kadang pagi kadang siang. Ini bikin gue bingung banget kalau disuruh milih kelas. Kalau dipaksain berarti setiap shift malem gue harus bolos dan itu rugaaaay -_-

3. Program yang mau gue ambil. Gue bingung karena concern gue ada di 2 hal antara kebutuhan versus keinginan. Kalau orientasinya kebutuhan, untuk saat ini jelas gue harus ambil TOEFL/IELTS Preparation karena gimanapun juga ini TOEFL/IELTS pasti bakal berguna kedepannya. Tapi kalau ditanya keinginan, jujurly gue lebih pengen improve english for daily basis aja gitu bukan buat some purpose jadi gue pengen ambil Conversation Class aja. 

4. Ditambah kegalauan karena dijaman sekarang ini, mostly kelas-kelas masih daring tentu aja itu engga banget buat gue yang anakan kelas luring. Belajar offline aja kadang gue nggak mudeng, apalagi belajar online -_- Tapi kalau nunggu sampai keadaan normal lagi, sampe kapan? Takut trigger belajar gue keburu ilang lagi.

Setelah melalui banyak pertimbangan, akhirnya gue putuskan untuk fokus ke TOEFL Preparation dulu karena dikebanyakan tempat les, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh level kelas TOEFL Prep itu lebih cepet dibanding kelas conversation. Gue coba menghubungi ILP Rawamangun lagi tapi masih kayak dulu, waiting list karena harus nunggu sampai dapet jumlah siswa minimum satu kelas baru kelas itu buka. Dulu gue pernah ikut waiting list tapi sampai sekarang nggak pernah dihubungin -_- Kalau gue mesti nunggu lagi, gue bakal lebih banyak waktu kebuang sia-sia.

Akhirnya gue cari alternatif lain. Ada dua pilian gue saat itu, LBI-UI Salemba atau LIA Pramuka. Sebelumnya gue udah sempet berkali-kali WA Information center nya LIA Pramuka buat minta info kelas, biaya dan placement. Gue seneng sama service-nya, mereka responsif banget sama bocah kebanyakan nanya macem gue. Tapi gue nggak pernah bener-bener niat daftar karena gue masih kekeuh pengen di ILP. Beberapa waktu lalu nggak sengaja pas gue buka IG, LIA Pramuka lagi buka placement test lagi buat term baru dan waktu pendaftarannya hampir tutup. Akhirnya gue nekat aja daftar, gue payment saat itu juga ditengah-tengah gue prepare sampel dengan saldo jenius gue yang menipis. Fix-lah gue ambil LIA dan jadwal placement nya Hari Sabtu 12 Maret kemarin.

Cerita dikit..

Sistem tes nya itu online pakai 2 device. Kita dikasih akun di website nuadu untuk mengerjakan soal dan tes dilakukan di rumah masing-masing. Selama mengerjakan tes itu, kita wajib online zoom meeting juga untuk dipantau oleh pengawasnya.

Nah, Hari Jum'at nya, gue kan shift 2 nih bund, balik malem. Seperti biasanya gue, kalau habis shift 2, gue pasti jetlag ngantuk berat, badan sumeng nggak karu-karuan. Gue bangun sholat subuh terus abis itu gue ketiduran. Bangun-bangun jam 08.57 dooooong padahal gue kudu tes jam 09.00 -_____- Dengan panik-panik ajaib, belum sepenuhnya bangun, gue langsung nyalain laptop, connect internet segala macem sembari gue ke kamar mandi cuci muka sikat gigi, minum air putih dan pake kerudung kan karena tes nya harus on-cam. Gue mulai log-in nuadu agak telat, sekitar jam 09.10-an. Dengan mengucap bismillah, gue mulai mengerjakan soal (tentu saja masih pake piyama). Terjadilah ke absurd-an gue ketika mulai ngerjain listening. GUE NGANTUK BANGET dooong demi apapun berasa di dongeng -_-. Sumpah itu gue listening setengah tidur kayaknya. Terus pas reading comprehension juga kayaknya gue sempet tidur dah. Otak gue nggak mudeng apa-apa sumpah, padahal gue sempet ngerjain TOEFL prediction juga beberapa hari lalu. Mata gue kriyep-kriyep ngeliat layar yasallam pokoknya -_- ikhlasin aja gimanapun hasilnya padahal gue berharap banget gue lolos minimal di level TP-2 biar nggak dari dasar banget lumayan buat reduce waktu sama duhit.

Tadi siang, pas lagi seruis nge-report di lab. akhirnya Pengumuman Hasil Placement keluar.

Alhamdullilah gue langsung masuk ke TP-3:')

Bismillah..

Semoga ke gue berhasil nyampe ke target nilai TOEFL yang gue mau. Aamiin..

Wish Me Luck ^^

You Might Also Like

1 komentar

  1. semangat ya...
    semoga nilai TOEFLnya segera terpenuhi sesuai yang diinginkan :)

    ReplyDelete

Comment