Seoul Day 2 - Haneul Park

November 24, 2019

Sunday, 3rd of November 2019

Happy Sunday!!

Hari ini adalah hari pertama gue akan memulai serangkaian panjang city tour di negeri nya Kang Maru. Jadi rencana hari ini adalah gue bakal cabut ke destinasi yang bakal menguras tenaga karena tujuan gue hari ini adalah pergi ke Haneul Park yang artinya– naik-naik ke atas bukit buat liat pemandangan.

Setelah tidur cukup, hari itu gue cabut lumayan pagi, sekitar pukul 07.00 KST. Gue juga mulai paham kalau Seoul itu kota yang 'bangun' nya lebih telat kalau dibanding Indonesia. Misal di Indonesia, jam 5 pagi itu suara bising kendaraan udah mulai kedengaran, orang-orang udah mulai beraktifitas dan toko-toko satu persatu buka, sedangkan Seoul ini aktifitas signifikannya baru mulai berasa dikisaran jam 9 pagi.

Hari ini gue mencoba naik dari subway station yang berbeda, Hapjeong Station karena stasiun ini satu Line dengan stasiun tujuan gue; World Cup Stadium. Karena lokasi subway station nya nggak begitu jauh dari guesthouse, tentu aja gue jalan kaki menuju kesana dan.... dalam perjalanan menuju Hapjeong Station ini akhirnya gue merasakan  autumn vibes yang hari sebelumnya nggak berhasil gue rasakan. Pohon-pohon kuning!! Jujur gue heran banget kemarinnya karena dari awal dateng, dari gue keluar airport dan sepanjang perjalanan dari Incheon ke Hongdae itu bener-bener nggak ada suasana musim gugurnya, cuma suhu doang yang dingin. Bahkan di Yeouido juga gitu, pohon-pohon kebanyakan masih hijau sampai gue berfikir kalau saat itu belum masuk autumn foliage.

Untungnya praduga itu ternyata salah..

pohon kuning pertama yang gue lihat di sekitar guesthouse
Senengnya nggak ketulungan liat pohon gituan ih dasar aku -_-

Fyi, trotoar di Seoul nyaman banget buat jalan kaki. Nggak ada tuh mobil parkir malang trotoar atau kang cilok nangkring di pinggiran jalan. Nggak di main road sekalipun, mereka punya trotoar di kanan dan kiri jalan dan trotoar nya itu SANGAT LAYAK. Belum lagi, banyak cafe-cafe lucu, unik dan berkonsep yang bikin kita betah jalan kaki kemana-mana.

oom Insung :')

Suasana pagi itu bener-bener sepi. Belum ada aktifitas apapun padahal waktu itu hampir pukul 07.30. Emang suasana sejuk dan tentram gini sih yang gue suka soalnya Hongdae kalau siangan dikit beeeuh semrawut (gak se-semrawut tanah abang sih tetep). Toko-toko mulai buka, orang-orang mulai tersebar ke seluruh sisi jalan dan musik ajeb-ajeb mulai di putar non-stop sampe lewat tengah malam nanti. Gue lebih suka berangkat pagi kayak gini karena jalanan almost kosong dan bisa bebas nikmatin atmosfir nya. Soalnya kalau udah rame, gue suka ngerasa insecure sendiri sama orang korea yang kalau jalan cepet banget gitu jadi gue kayak kebawa pengen pake kekuatan seribu langkah.

Dari Hapjeong station kita bisa langsung ke World Cup Stadium Station tanpa transit dan keluar di Exit 1. Exit 1 ini mantep banget karena langsung sampai di depan tangga stadionnya. Begitu keluar dari subway station, disambutlah gue dengan pohon-pohon kemerahan yang gue cari.

Rasanya, ku ingin menangis saja :'(

Disebrang World Cup Stadium ini ada sungai kecil dan semacem biking trail dan ada beberapa kursi yang di sebar di sepanjang jalanan itu buat duduk-duduk. Kalau gue nggak ngebet buru-buru pengen ke Haneul Park, rasanya gue pengen nyusurin pinggir sungai itu karena emang suasana asoy banget.

Suasana masih juga sepi padahal sudah hampir jam 9. Di pelataran World Cup Stadium hanya ada gue, emak, bapak, satu rombongan dari indonesia yang tiba-tiba menghilang, beberapa korean yang bisa diitung jadi dan banyak kakek-kakek dan nenek-nenek berbaju hiking lengkap dengan sepatu dan tas punggung. Musim gugur emang musim nya orang-orang korea pada hiking. Naik gunung (atau bukit) buat nikmatin pemandangan musim gugur yang indah dari ketinggian itu semacam hobi nasional buat mereka. Wajar sih soalnya gunung dan bukit-bukit di Seoul ini kebanyakan nggak tinggi, nggak kayak gunung-gunung di Indonesia mak. Jadi hiking bagi mereka nggak perlu effort banget sampe bawa nesting kayak orang Indo kalau mau hiking. Bahkan, Hallasan nya Jeju (kalau nggak salah itu salah satu gunung tertinggi yang Korsel punya) itu bisa kita tempuh sampe puncak nggak sampe setengah hari. Jadi dalam sehari kita bisa summit sampe puncak dan bisa langsung turun lagi.

Untuk ke Haneul Park, kita bisa liat papan informasi besar yang ada di area World Cup Stadium ini. Pokoknya dari exit 1 World Cup Stadium Station kita tinggal jalan lurus, lewatin parkiran sampai ketemu jalan raya. Kalau udah ketemu jalan raya, tinggal belok ke kanan dan ikutin jalan raya itu. Sepanjang jalan dari World Cup Stadium ke Haneul Park itu suasananya bagus banget parah nggak ngerti lagi T_T Tombol shutter kamera gue lama kelamaan jebol kalau dikasih pemandangan kayak ginian mulu saking nggak bisa berhenti moto-moto karena setiap sudut keliatan bagus *hiks~

Setelah ketemu jalan besar, kita bakalan lewatin kolong flyover/terowongan dan nanti di seberang jalan ada tempat parkir yang luas banget dan banyak pohon merahnya (lagi!). Nah kalau udah sampai sini, kita nyebrang ke tempat parkiran itu dan selamat, kita sudah sampai di area Haneul Park!!! Yeay!

Sebetulnya di area ini masih banyak taman-taman lainnya selain Haneul Park yang nggak kalah keren. Cuma berhubung Haneul Park ini masuk list wajib dikunjungi, jadi untuk saat ini gue fokus ke tempat itu dulu.

Liat ginian aja aku udah bahagia banget dooong, Ya Allah.

Dari parkiran ini bakal keliatan bukit tinggi dengan tangga zig-zag. NAH.. Di atas bukit itulah Haneul Park berada. Tinggal nyebrang di jembatan penyebrangan berbentuk melengkung warna biru, bisa dibilang jembatan kayak gerbang masuk menuju Haneul Park.

Nggak ngerti darimana asalnya, waktu gue nyebrang jembatan, tiba udah banyaaaak orang padahal pas dibawah tadi masih berasa sepi. Nggak yang lokal, yang turis, yang tua, yang muda, semua tumplek blek jadi satu.

Lalu, kalau udah ngeliat layar LED dengan tulisan begini maka..
SELAMAT MENDAKI 291 ANAK TANGGA!

Ada kejadian yang cukup berkesan sebelum gue mulai mendaki. Jadi ceritanya, ada rombongan berisi 3 orang ahjuma yang mau foto di tulisan "Welcome to Haneul Park" itu. Those ahjumas heboh banget nyari posisi tapi sambil kebingungan soalnya susah dapet tulisannya. Ya udahlah, dengan pemahaman bahasa korea gue yang cupu ini, dengan sotoy gue menawarkan diri untuk motoin mereka.

"Sajin jiggo sippo-yo?"
Gue tanya gitu, kagak tahu itu grammar bener apa kagak. Lalu ahjuma-deul itu heboh mengiyakan dan akhirnya gue fotoin deh tuh mereka beberapa kali. Mereka kayak seneng banget gitu terus bilang makasih ke gue dan salah satu ahjuma bilang,
"Neumo yeppeo-da" sambil nunjuk ke gue.
GAAAAAAAH..
Gue kan jadi shy-shy cat gitu sambil bilang gamsahamnida berkali-kali.
(P.S. Kalau nggak tahu artinya, coba googling sendiri yaa wkwkwk)

Gue kira nanjak setinggi gini itu bakalan capek banget tapi nyatanya nggak secapek itu. Entah mungkin rasa capek nya ini ketutup sama rasa exited yang berlebihan jadi gue bener-bener nggak ngerasa capek. Apalagi pemandangan yang disuguhkan sembari kita naik tangga ini lumayan bikin gue menganga-nganga. Semakin ke atas, semakin bagus. (padahal ini belum apa-apa)

Di pertengahan gue nanjak ini, ada satu ahjuma yang ngeliatin gue mulu gitu. Gue inget banget ahjuma itu pake jaket gunung warna ungu. Dia ngeliatin gue nya agak nggak biasa gitu sejak dibawah. Pas gue akhirnya eye contact sama dia, dia tiba-tiba nanya;

Ahjuma : "Where are you form? Malaysia?"
Gue :  "Aniyo. Indonesia-eseo,"
Ahjuma : "Aaaah.. Neomu yeoppo-yo.."

Gue kan jadi AAAAAAAAWWWW lagi gitu -_-
Padahal gue nggak pernah merasa gue cakep selama di gue di Seoul. Banyak eonni-eonni yang cakep nya lebih nggak nahan jika dibandingkan dengan anak piyik berkerudung penyok macam ogut. Mungkin nih yaa, mungkin. Mereka agak nggak biasa gitu ngeliat orang yang wajahnya agak oriental pake kerudung macem gue *lah? emang komuk gue oriental (?) Ngakak nya adalah, itu ahjuma nyoba ngomong pake english ke gue tapi gue malah nyoba jawab pake bahasa korea. Wkwkkw...

Hangang form above
World Cup Stadium

Begitu menyelesaikan 291 kita masih harus jalan sedikit lagi untuk tiba ke Haneul Park nya. Tapi sebelum kesana, disediakan kursi-kursi dibawah pohon rindang dan air buat refill minum. Waktu gue lagi ngelurusin kaki sambil ambil nafas, ada lagi slightly interaction gue sama korean. Jadi abis minum air, gue minta permen ke emak gue. Karena disitu ada banyak orang, emak gue tawarin deh tuh tamarin ke harabeoji - halmoni yang dudukdisamping dia. EEEH.. Harabeoji itu balik ngasih permen gitu baeeek bangeeet kan mereka T_T Gue nggak tahu namanya permen apa pokoknya bentuknya kotak, warna putih, bungkusnya bening dan ada gambar orang lagi hiking warna orange. Gue banyak banget ketemu orang bae hari ini T_T

Lanjut..
Jika ngeliat observatory semacam ini,  itu tandanya kita sudah sampai di HANEUL PARK!! Yeay!

cosmos flowers

Ternyata disini ramai banget dooong sodara-sodaraaaa~
Wajar sih ya soalnya gue tiba disana sekitar pukul 10.30 KST an gitu.

Gue mau cerita dulu dikit. Jadi, Haneul Park ini adalah salah satu taman dari 5 taman yang ada di kawasan World Cup Park. Lima taman itu antara lain; Pyeonghwa (Peace) Park, Noeul (Sunset) Park, Nanjicheon Park, Nanji Hangang Park dan Haneul (Sky) Park. So, Haneul Park means Sky Park yang artinya Taman Langit. Kita fokus ke Haeul Park aja dulu. Faktanya, dulunya Haneul Park ini merupakan landfill alias tempat penimbunan sampah yang sudah berlangsung selama 15 tahun dan sudah menumpukan numpuk 92 ton sampah. Gila gak sih? Iya gila banget. Pemerintahannya emang gila banget karena berhasil bikin tempat yang dulunya abandoned ini menjadi taman ekologi yang indah banget bahkan jadi tempat rekreasi favorit dan terkenal sampe ke turis - turis.

A abandoned site can be transformed into a beautiful place when nature is reclaim the land.

–gitu kalau kata buku.

Menurut gue, jelas ini salah satu contoh revolusi yang incredible banget dari pemerintah. Gimana mereka bisa mengelola bukit yang dulunya gunung sampah menjadi bukit indah berselimut ilalang.

Akhirnya doooong... gue sampai ke tempat yang selama ini cuma bisa gue liat di IG atau blog orang :'( *terharu akutu..

Taman ini luas banget ngomong-ngomong. Jangan kira bakalan garing walau isinya ilalang doang. Gue butuh waktu 3 jam untuk muterin seluruh sudutnya karena setiap sudut itu ngasih view yang berbeda.

Karena bikin diri sendiri bahagia itu sederhana banget. Cukup jalan di tengah ilalang gini aja gue rasanya ingin menangis saking senengnya. Kayak ada perasaan melankolis gimana gitu kalau ngeliat ilalang ketiup-tiup angin terus kita jalan diantaranya gitu. Kalau sunset ini bakal keren banget nggak kuad akutu bagus banget Ya Allah.. T_T

Nggak ngerti juga kenapa, dari awal gue nginjekin kaki di area Haneul Park ini banyak banget orang korea yang baeeeek banget. Kejadian lagi disini saat gue lagi foto gantian sama emak bapak gue terus tiba-tiba ada eonni korea yang nawarin diri buat motoin kita bertiga padahal gue nggak minta sama sekali. Sampe melongo sendiri sama kebaikannya Ya Allah :') Berkat eonni itu, gue jadi punya foto sekeluarga :)

Lanjut ke observaroty Haneul. Dari bangunan kayu yang bentuknya kayak mangkok ini kita bisa liat pemandangan Haneul Park ke segala penjuru arah.

tangga di dalam menara pandang.
Waktu gue baru banget naik, menara pandang ini masih sepi. Eh waktu gue udah siap siap foto seperti biasa, entah darimana tiba-tiba banyak banget orang dateng sampe area ini penuh banget -_-

Everlasting silver-grass sejauh mata memandang itu bikin kita berasa nggak lagi mijak bumi :')

Gue nggak lama-lama di atas sana karena waktu itu udah tengah hari siang bolong jadinya silau banget. Foto-foto yang gue ambil dari atas sana banyak yang over exposure gitu saking silaunya hiks sayang banget :'(

Nggak jauh dari observatory, ada semacem rest area gitu (ada ayunan juga!) yang menghadap langsung ke Sungai Han. Bagus banget bangus pokoknya! Tempat ini kayak di design semisal kita mau galau menikmati pemandangan ditemani semilir angin *halah! Disini banyak halmoni dan harabeoji gelar tiker buat piknik. Bercengkrama sambil makan bekel. Baru sadar juga kalau emang udah waktunya makan siang akhirnya gue ikutan istirahat disini. Makan vegetable kimbab yang tadi pagi di beli di depan World Cup Stadium plus wafer Selamat. Pertama kali nyobain kimbab asli korea dan rasanya– eundueesss parah sih. Madet gitu ih enak padahal gue kira gue nggak akan suka, karena makanan korea itu biasanya hambar alias kurang micin tapi aselik yang ini enak banget. Apa sebenernya gue laper (?) Heran nya, cuma makan 3 potong kimbab beginian gue langsung kenyang.

Setelah kenyang, misi selanjutnya adalah mencari birdcage kayak yang ada di instagram orang-orang. Masalahnya taman ini luasnya kebangetan nggak pake kira-kira dan kayaknya bakal gempor kalau bener-bener disusurin setiap sudutnya alhasil papap berniat motong lewat jalan tengah dan balik.

Tapi...
Sebelum kita bener-bener melakukan itu, kita malah ketemu sama yang macem begini.

MUHLY GRASS!!!

Gue girang nggak ketulungan. Nggak nyangka banget bener-bener nggak nyangka bisa ngeliat muhly grass disini dan nyatanya.. itu baru sejumput muhly grass yang gue temuin karena kalau jalan sedikit lagi, ada Padang Muhly Grass!!
Gimana mau pulang cobak kalau kayak gini?? T_T

ini namanya Kochia Scoparia Grass, warnanya bisa jadi pink tua tapi waktu itu warna nya masih cenderung coklat. Lucu bentuk nya kayak sapu ijuk

Pink Muhly Grass ini salah satu 'kembang' ikon nya musim gugur. Ini sebenernya rumput biasa, tapi ujung-ujung halusnya itu warna pink yang kalau dicabut satu rumput, itu pink nya nggak begitu kentara. Barulah kalau rumput ini digabung banyak warna pink nya jadi jelas dan CANTIK PARAH!! Pink nya kayak kapas cakep banget pokoknya. Biasanya orang-orang pergi ke Yangju Nari Park, Gyeonggi-do (itu jauh -_-) untuk ngejar Muhly Grass ini.

Pink Muhly dan Kochia ini terbilang spot baru di Haneul Park ini makanya antusiasme orang-orang untuk foto disini membludak banget. Beda sama pdang eulalia (ilalang) yang hamparannya berhektar-hektar jadi spot nya banyak dan tersebar makanya kalau foto bisa bagus dimana aja tanpa berebutan, kalau muhly grass ini karena masih trial mungkin jadi lahannya masih sedikit bangeeet. Kayaknya masih banyak korean yang belum pernah kesini jadinya banyak banget orang yang foto-foto disini. Sedihnya, banyak rumput yang rusak karena perilaku bar-bar orang yang maksa lompatin pager pembatas buat foto ditengah pink-pink nya. Sayang banget padahal bagus banget.

Setelah gagal solo foto di tengah padang Muhly, gue memutuskan untuk pulang karena kaki mulai kerasa pegel keliling taman berhektar-hektar ini (plus naik 291 anak tangga). Gue juga udah nggak excited mencari kandang burung karena kesel liat Muhly nya kayak ampas gitu -_-

EEEEEHHH...
Terjadi lagi..
Di tengah perjalanan pulang, gue menemukan sesuatu yang didambakan oleh kaki-kaki pegal ini. Foot massage!!! Gue pernah liat tempat ini di vlog orang tapi gue bener-bener lupa kalau ada ginian disini. Jadilah, bukannya pulang kita malah massage kaki ini dulu.

Gue heboh banget waktu disini, karena nggak bohong, sakit banget pas ngelewatin batu-batu massage ini. Gue sampe jejeritan dan memutuskan balik lagi ke ke tempat awal karena gue cupu. Sambil mengaduh-aduh balik sendirian ke titik semula, ada dua ahjuma ngeliatin gue yang lagi struggling menahan sakit ini. Mereka bilang,

"Aigooo.. aigoo.. kiyowo.." yang kalau diartiin "Ya ampuun.. lucu banget nih bocah".
Gue yang waktu itu masih meringis nahan sakit bilang "Neomu appa-yo (ini sakit banget)"
"Kiyowo" terus ahjuma itu ngasih tahu gue kalau mau nggak sakit di pake aja kaus kakinya nggak usah di copot, sambil nunjuk ke kaos kaki gue gitu..

TUUUUUH KAAAAAAN... Kenapa semua orang baiiiik bangeeeet T_T
*kuingin menagis lagi kalau mengingat itu.

Dan..
Tempat foot massage ini membawa gue pada...

BIRDCAGE!!
Birdcage yang gue cari-cari!!!!

Omaji.. omaji...!!!
It is kinda cute, right?

Walaupun gue bilang ini cute, tapi bukannya pengen ketawa, gue malah pengen nangis liatnya :'( Nggak nyangka akhirnya bisa ngeliat langsung tempat ini.. :'(

Gituan doang aja gue lebay sih elaaah kesel.. -_-

Ini kenapa gue jadi obsesi sama kandang burung yak? Wkwkwk..
Jadi dulu, waktu Haneul Park belum se-hype sekarang, gue udah pernah tahu tentang birdcage di tengah padang ilalang ini dari IG seorang street fotografer. Spot ini tuh breathtaking banget kayak mengandung makna yang dalem gitu. Dalam hati gue maki-maki "siapa sih orang kurang kerjaan yang naro-naroin kandang di tengah padang ilalang tapi kok bikin baper gini?". Ini tuh simpel (nggak guna banget) banget tapi ngena. Ada rasa dramatik melankolis yang bikin jantung ser-seran. Bener-bener ngena sama filosofi Haneul itu sendiri. T_T

Dengan bertemunya gue dengan birdcage ini, maka to do list gue di Haneul Park 100% di ceklis. Ada satu sih yang engga, foto diri sendiri di tengah ilalang -_- tapi itu syarat doang sih, nggak kepengen-kepengen amad.

Ini sisa foto ilalang yang dibuang sayang.