Seoul Day 1 - Yeouido Hangang Park

November 21, 2019

Tujuan gue di hari pertama setelah mendarat di Seoul hanya pergi ke satu tempat; Yeouido untuk naik cruise.

Namanya hari pertama, harinya adaptasi, tentu nggak seru kalau nggak pake drama.

Jadi ceritanya gue udah beli tiket di Klook untuk naik cruise di Hangang, gue resevasi untuk jam 17.00 siapa tahu beruntung bisa ngeliat sunset sekalian. Gue sedikit nggak menyangka sebetulnya kalau naro koper dan bebenah sedikit itu ternyata makan waktu yang lama. Prediksi gue, tengah hari kita udah bisa cabut tapi ternyata menjelang sore kita baru jalan ke subway station. Sekitar pukul 16.00 gue baru naik subway gegara drama bolak-balik hongik station - sevel hongdae - hongik station perkara keblinger top up t-money, belum lagi drama t-money nggak bisa dipake tap in, belum lagi salah masuk Line subway.  Yasalam pokoknya perjuangan untuk ke Yeouido ini, mana kaki awak sampe lecet.

Kalau dari Hongik University Station, directions nya seperti ini:
- Dari Hongik University Station (Airport Railroad Line warna tosca) ambil ke arah Seoul Station,
- Turun di Gongdeok Station,
- Transfer ke Line 5 (warna ungu) ke arah Banghwa
- Turun di Yeouinaru Station (Exit 3)

Tapi kalau kata app Subway bisa ambil cara:
- Dari Hongik University Station (Line 2 warna hijau) ambil ke arah Sindorim/Sadang
- Turun di Dangsan Station,
- Transfer ke Line 9 (warna coklat muda) ke arah Olympic Park
- Turun di Yeouinaru Station (Exit 3)

Yeouido Park ini pamor nya bakal naik banget saat musim semi, dimana setahu gue festival cherry blossom nya Seoul itu paling ingar bingar ya disini. Must visit place in Seoul lah kalau semisal mau ngejar bunga sakura. Berhubung ini musim gugur jadi nggak ada tuh bunga-bunga pink yang kiyuts itu walau katanya sih festival kembang api setiap musim gugur tapi gue nggak tahu itu kapan. Nggak lagi musim semi pun bukan berarti Yeouido bakal sepi, ketika gue keluar dari exit subway waktu itu, gue siyok parah karena Yeouido ruaaameee banget. Padahal kalau yang gue liat di blog dan vlog orang yang ke Yeouido kebanyakan sepi-sepi aja dan gue nggak menyangka bakal serame waktu itu. Banyak anak-anak muda kece menyerang jam-jam segitu, banyak orang tua muda bawa anak-anak nya buat main disini, ada dance performers dan yang nontonin banyak banget, banyak pesepeda lalu-lalang, banyak orang piknik dan santuy-santuy menikmati sore ditemani semilir angin dari Sungai Han~

Bahkan gue nggak berhasil foto di tulisan I SEOUL U yang super terkenal itu saking ruame nya tempat ini. Ketika naik cruise, gue baru sadar kalau malam itu adalah.. MALAM MINGGU -_-

Satu langkah keluar dari exit subway, ajhuma-ajhuma nggak berhenti memberikan kita selembaran yang berisi kontak makanan pesan antar yang bisa di manfaatkan servis nya semisal kita mau piknik. Ya emang Yeouido Park ini overall adalah tempat berpiknik sambil bersantuy ria. Karena waktu gue sampai hampir menunjukan pukul 17.00 gue nggak sempet melipir kemana-mana untuk menikmati sore yang indah di Yeouido Park ini karena gue langsung ambil langkah seribu nuker tiket ke booth tiket nya Eland River Cruise.

Untuk ke Eland River Cruise ini gampang. Dari tulisan I Seoul U tinggal ke arah kanan, jalan terus sampai ketemu dermaga Eland Cruise. Tapi lebih enak ikutin dimana 63 Building berada (gedung paling tinggi di lingkungan Yeouido yang warna emas, itu keliatan banget gedungnya). Nanti akan ketemu dermaganya.

Kalau sudah reservasi tiket seperti gue pun tetap harus ke tiket booth untuk nukerin tiket dengan tiket fisik dan ngisi formulir pernyataan gitu. Ticket booth nya juga nggak jauh dari port, tinggal ikutin panah kayak gambar bawah ini. Saran gue sih lebih baik dateng lebih awal dari jam depature kapal kita karena kita nggak tahu seberapa panjang antrian loket itu.

Selesai nuker tiket, ternyata kapal gue udah dateng dan semua penumpang hampir sudah naik kapal semua. Gue termasuk gerombolan paling belakang gitu karena emang datengnya mepet. Tahulah yaa Koreans known as orang-orangnya yang ZUPER ON-TIME. Karena masuk deck belakangan, gue sedih karena nggak berhasil dapet tempat yang oke buat berdiri karena spot-spot strategis di kapal udah dipenuhi orang yang duluan datang.

Nggak lama setelah gue naik, kapal pun mulai berlayar mengarungi Sungai Han.

Begitu sampai di dalam gue baru tahu kalau disini adalah lokasi syuting "My Love From The Star". Ya mohon maap saja karena awak tak menonton itu drama. Gue malah tahunya ini lokasi syuting drama "Love Affairs in This Afternoon" tempat ngedate nya Choi Sooah dan Do Hayoon sebelum mereka berpisah alias sebelum perselingkuhannya ketahuan sama suaminya Choi Sooah. wkwkw..

Alasan utama gue naik Cruise ini because it is an instant tour of Seoul. With more chill, from the ferry, you can get large point of view and already spot some of Seoul's attractions, including Yeouido Park, Banpo Bridge, the Namsan Tower, and many more.
Ada empat pilihan paket yang bisa dipilih untuk naik Eland Cruise ini,

Pertama, Story Cruise.
Seperti yang gue lakukan ini. Ini yang paling murah karena nggak ada yang bisa dilakuin lagi selain nikmatin pemandangan sore Hangang dari atas kapal. Kalau beruntung mungkin bisa ketemu seagull yang ngejar-ngejar kita buat minta makanan. Makanannya (ikan kecil kering) ini dijual di counter di dalem cruise nya. Tapi sayangnya ku tidak bertemu seagull -_-

Kedua, Moonlight Cruise.
Paket ini bisa dipilih kalau ingin ngerasain suasana malem nya Hangang. Mungkin hype nya itu saat cruise nya ngelewatin Banpo Bridge buat ngelihat Rainbow Fountain nya.

Ketiga, Music Cruise
Seperti namanya, ini adalah paket berlayar plus makan malam di Cruise Restaurant sambil dengerin Live Music.

Keempat, Fireworks and Live Music Cruise.
Ini yang paling heboh soalnya paket paling lengkap. Naik cruise, nikmati pemandangan malam, dinner plus pake acara kembang api - kembang apian.

Apalah aku yang pake paket murahnya aja udah seneng banget T_T
Perjalanan hanya dilakukan selama so so so 30 menit, saran gue, maksimalkan lah waktu sebaik mungkin. Jangan seperti gue yang saking amaze nya sama pemandangan sekitar, gue sampe hilang fokus nggak sempet ngiter-ngiterin kapal dan ambil banyak foto dari spot yang berbeda-beda. Salahnya juga mungkin karena itu malam minggu kondisi di dalem itu nggak begitu kondusif, gue nggak bisa leluasa naik-turun mondar-mandir kesana-kemari karena deck kapal penuh sesak dengan manusya.

Sunset yang ku cari T_T tapi aku sama sekali tidak bertemu seagull *hiks~

Nggak terasa sudah 30 menit dan cruise berbalik arah kembali ke dermaga. Nggak terasa juga matahari sudah sepenuhnya terbenam dan lampu-lampu di sekitar dermaga mulai dinyalakan. Untungnya naik cruise di sekitar jam ini adalah gue bisa ngerasa suasana Yeouido di sore hari dan malam hari sekaligus. Ketika kapal mulai berlabuh, lampu-lampu di sekitar dermaga menyuguhkan pemandangan yang berbeda dan dengan berat hati gue harus meninggalkan kapal tanpa bertemu dengan seagull :'(

Suasanya berasa udahwinter kalau lampunya segitiga kuning-kuning gitu. Banyak banget orang menghabiskan malem minggu disini, banyak yang udah stanby dengan tiker dan rebusan ramyun nya, ada yang udah ngediriin tenda, yang lucu ada yang bawa proyektor portable lengkap dengan sepasang bangku dan meja yang mereka hias pakai lampu tumblr gitu. Mostly koreans itu total banget sama semua yang mereka lakukan. Asik dan seru banget ngeliatnya.

Sedikit menyesal karena setelah naik cruise gue langsung buru-buru balik ke guesthouse tanpa menikmati malam lebih lama disini.

Perjalanan hari ini diakhiri dengan makan jagung bakar seharga 4000 KRW dan kembali ke Guesthuose karena kaki emak dan bapak udah pegel, belum terbiasa jalan-jalan jauh transfer line subway sana-sini.