Perkara Toilet

December 22, 2018

Tadi siang, gue dan adek gue jalan ke CGV D-Mall Depok buat nonton Ralph Breaks The Internet. Gue nggak mau bahas film nya karena percayalah beberapa bulan lagi itu Film bakal ditayangin di tipi. Jadi seperti biasanya aja, tulisan ini nggak lain dan nggak bukan berisi keluh kesah gue pada cara kerja dunia -_-

Semua bermula dari TOILET yang membuat gue jadi mikir panjang sepanjang jalan balik naik commuter dan tentu saja, otak gue yang kayak mau meledak ini perlu dinetralkan dengan cara nyampah di virtual dairy ini.


Apakah hanya gue di dunia ini yang selalu kesel kalau masuk ke toilet umum?
Bukan perkara kebersihannya karena kalau di omong lagi ini bakal jadi super rebek. Ini perkara antre.

Seberapa banyak sih orang Indonesia yang tahu cara antre toilet umum yang benar?
Sebetulnya, gue tahu aturan ini juga belum lama-lama banget, mungkin setahun lalu dan memang harus gue akui, pas kecil, gue nggak pernah di edukasi sama orang tua gue tentang tata cara antre di toilet umum berbilik banyak. Nah.. Nggak lama setelah tahu cara ini dulu, beberapa hari kemudiannya gue sama febi ke CGV D-mall dan gue kayak culture shock gitu karena di toilet CGV itu udah pake sistem yang gue maksud.

Cara yang gue maksud itu adalah dimana orang yang antre ingin ke toilet itu bukan berdiri di depan pintunya, melainkan di area pinggir area toilet (area wastafel) dan mendapat giliran masuk bilik sesuai dengan atreannya. Takjub dong gue, secara gue langsung bisa mempraktikan ilmu bermanfaat yang baru gue dapet itu. Dan biasanya, ketika gue ke toilet bioskop, antrian kayak gitu udah ada jadi gue tingga ngekor di belakangnya nunggu giliran.


DAN TADI... selesai nonton, gue ke toilet situ lagi gue kecewa berat lantaran antrian toilet yang dulu bikin gue takjub menjadi kacau balau gegara CGV sore tadi di penuhi oleh MAK-MAK karena emang di D-mall lagi ada banyak event buat anak-anak dimana banyaak sekaly mak-mak berseliweran disana.

Coba bayangin lo ada di posisi gue.
Di dalem kamar mandi ada itu ada 3 buibuk beserta anaknya. Masing-masing dari mereka bawa. anak. Mereka masuk ke bilik seenaknya tanpa peduli orang lain yang udah tiba di kamar mandi duluan itu lebih berhak masuk bilik duluan. 

Sebagai orang yang merasa memiliki pengetahuan percuma dong kalau nggak ngelakuin ilmu itu? Gue tahu, jadi pelopor itu susah, lo harus rela didzalimi karena elo mencoba berbeda. Tapi sumpah tadi gue greget paraaaaaaah. KZL-BGT. Karena saking keselnya itu, gue mencoba menjadi anti-mainstream hari ini; sendirian melawan emak-emak. Gue jadi orang pertama yang mencoba membuat antrean di pinggir bilik. Kamvret nya,.. setelah gue bikin antrian, ada lagi rombongan buibuk datang dengan anak-anaknya yang lagi-lagi langsung main serobot. Oke, gue nggak bisa menyalahkan buibuk itu sepenuhnya karena gue berdiri sendirian di pinggiran jadi kesannya gue lagi nungguin orang, bukan lagi 'mencoba membuat antrian'.

Nggak lama setelah itu, ada anak mbak-mbak muda masuk toilet. Dia kayaknya paham konsep jadi dia ikutan diri di pinggir toilet kayak yang gue lakuin. Gue di antrian kanan dan dia diantrian kiri. Tapi.. nggak lama kemudian, LAGI-LAGI ada lagi buibuk bawa anak masuk ke toilet dan langsung bertengger di depan pintu toilet. -_- Astagfirullahaladzim.. syedih akutu kalu diginiin terus hiks.. Sambil nahan kesel dan masang muka super jutek, gue masih coba sabar, gue lihat apakah mak-mak itu akan sadar tapi sayangnya jawabannya udah jelas.. ENGGAK. Dia nggak sadar. Saking keselnya, keluarlah jurus jampe-jampe dari mulut gue. "Bu.. maaf, antri ya ke toiletnya.." gitu kata gue.. dan tahu dia bilang apa? NGGAK BILANG APA-APA DOOONG CUMA NYELOYOR NOLEH SAMBIL NGOMONG SAMA ANAKNYA DAN TETEP BERDIRI DI DEPAN PINTU TOILET -_- *akyuuu sakiiit baaang~~ Setelah kejadian dikacangin itu, mbak-mbak yang tadi antre di samping gue akhirnya pun tergoyah iman nya. Diapun ikutan mak-mak berdiri di depan pintu. Dia tydack konsisten tapi kutahu dia begitu karena dia kezal -_-

Gue cuma bisa istighfar aja dalem hati.
Setelah dikacangin mak-mak itu, gue jadi nantang diri gue sendiri, semacem gue bilang "ayook pin, bisa gak lo bikin ini toilet kondusif? Selama apakah gue bakal tahan bersabar? Apakah hal kecil yang lo lakuin ini ada dampaknya?"

Dan..
Datanglah lagi segelinitir buibuk.
TERNYATA... BUIBUK INI teredukasi.
Sambil tetap dengan rumpiannya, mereka masuk ke toiler dan dengan tertibnya, yang satu berdiri di belakang gue, yang satu bikin antrian baru di kiri gue. 

TERNYATA TIDAK SEMUA BUIBUK ALIAS MAK-MAK BERTINGKAH BAR-BAR :')

Dia bahkan sempet ngegas ke orang lain yang tanpa tahu diri berdiri di depan pintu.. "Mbak.. mbak antre dong. Nggak liat apa orang antre daritadi? Jangan main nyeloyor aja.." gitu kata ibu-ibu dibelakang gue dan saat itu gue nggak bisa untuk nggak terharu :'(

Kesimpulannya adalah...
Sifat individualistis semakin subur di tengah masyarakat akibatnya kepekaan seseorang terhadap lingkugan sekitar semakin menurun. Padahal hal kecil inilah yang bisa membuat lingkungan kondusif tanpa perlu ada yang merasa terdiskriminasi.

You Might Also Like

0 komentar

Comment