23 y.o

January 28, 2018

Terakhir gue posting tentang ulang tahun itu di tahun 2014, waktu gue menginjak 19 tahun.

Karena pada dasarnya gue nggak suka surprise dalam bentuk apapun, makanya gue bersyukur luar biasa ulang tahun gue tahun ini jatuh di Hari Ahad. 
Jadi, Sabtu tanggal 20 kemarin, satu hari sebelum gue ulang tahun, gue super hectic. Gue masih sibuk nyusun laporan TA-1 di kampus, pagi gue kampus, sore gue kantor, malem gue ke Cakung,  jam 21an gue otw Bogor dan hampir tengah malem gue baru sampe di Bogor. Lucunya adalah, begitu sampai Bogor, gue sempet main handphone sebentar sampai akhirnya gue sadar jam di layar handphone gue nunjukin pukul 00.24 yang artinya, gue ulang tahun..

Selamat Ulang Tahun Pini~


Setelah itu gue tidur.
Nggak ada yang spesial. B aja. Atau karena gue nggak menganggapnya sebagai sesuatu yang spesial. Gue nggak pernah menganggap ulang tahun gue sebagai hari besar yang harus di rayakan seluruh umat. Jadi buat temen-temen gue yang mungkin pernah merasa kalau gue nggak aware atau nggak antusias waktu kalian ulang tahun, dari lubuk hati yang paling dalam gue minta maaf. Itu semua bukan karena gue nggak sayang kalian, tapi karena gue sendiri aja nggak menganggap ulang tahun gue sebagai hari penting, jadi ya gitu, maafin yaa..

Barulah besok paginya waktu gue bangun serentetan whatsapp, message IG, BBM, dll mulai bermunculan. Terima kasih banyak buat temen-temen yang udah mau ngeluangin waktu ngetik pesan, ngabisin kuota untuk ngirim chat, ngabisin kuota juga untuk ngirim video ucapan, pokoknya makasih banyak, gue sayang kalian.

Seperti biasa pula, di rumah gue nggak ada perayaan. Ibu gue tetep senam pagi dengan ibu-ibu lainnya. Bukan membawa kue ulang tahun, ibu gue lebih bangga bawain gue pisang goreng sepulang senam, seperti yang biasa ibu gue lakukan setiap Hari Minggu. Ayah gue pun seperti biasa, ngerungsingin gue sebelum subuh, ngucapin selamat ulang tahun sambil minjem flash karena e-money dia abis sambil keburu-buru karena bapake kesiangan berangkat. Gue cuma manggut-manggut setengah sadar sambil salim abis itu bapake pergi ke tempat kerjanya padahal itu minggu. Adek gue? Jangan tanya, dari abis subuh udah ngejogrok depan TV main PS, pas gue lewatin depan TV, dia nggak bereaksi. Terpaksa gue tagih dia ucapan selamat ulang tahun yang dia jawab dengan cengengesan ngucapin setengah ikhlas.

Siangnya gue sekeluarga makan di luar.
Bukan mau ngerayain ulang tahun, tapi karena ibu gue mau survey tempat buat arisan keluarga yang katanya "sekalian" makan di luar. Balik makan gue tidur siang, sorenya gue balesin chat temen-temen gue, DAN...
Pada titik itu gue disadarkan oleh suatu hal.

Ada beberapa orang, yang sudah nggak lagi keep in touch dengan gue, mengirimi gue ucapan dan serangkaian doa. Ulang tahun gue yang masih menjadi bagian dari memori mereka itu, bikin gue nggak bisa buat nggak terharu. Instead, dapet kado, disadarkan dengan hal begini justru malah yang paling bikin gue bahagia hari itu. 

Setelah isya gue balik lagi Jakarta. Dalam perjalanan, gue sendawa mulu, eneg, pengen muntah, masuk angin kayaknya. Begitu sampai, sambil minum tolak angin, gue buka DM IG gue dari salah seorang temen yang sebenernya gue tahu pesan itu masuk setengah jam sebelumnya tapi sengaja belum gue baca karena di mobil mata gue udah kelingengan banget dan bisa liat layar handphone..

Isi pesan itu adalah..

Dari seseorang dengan username alay.
Setelah baca itu, pengen banget gue meluk orang tapi sayangnya nggak ada yang bisa dipeluk selain guling, tapi posisinya waktu itu gue lagi di ruang tengah jadi guling jauh.

Gue nggak nyangka sekelibat kalimat yang pernah gue omongin ke dia di ruang timbang waktu kita sama-sama lelah dengan kerjaan dan cara kerja dunia ternyata begitu melekat di pikiran dia. Saat baca pesan itu.. gue menghening sejenak, gue terharu banget karena akhirnya gue nggak ngerasa sendirian ngadepin apa yang terjadi. Waktu itu (bahkan sampai hari ini) gue masih berada di bawah pressure yang luar biasa banget dari kantor -_-. Makasih banget pokoknya, makasih banyak banget buat manusia username alay yang sebenernya gue nggak pernah ngerasa kalau kita itu deket tapi ternyata dia bela-belain nulis message sepanjang itu di igstory cuma buat gue *terharu pake banget. (Karena pada dasarnya, dijauhkan dari segala OOS adalah doa yang paling gue butuhkan saat ini)

Lagi.. Manusia itu kompleks. Kita bisa ambil pelajaran yang berbeda dari setiap orang yang kita temui.

Selesai membaca pesan itu.. 
21 Januari berakhir..

You Might Also Like

0 komentar

Comment