2020 Summary

December 26, 2020

Sebenernya tahun ini bisa dikatakan tahun yang simpel kalau diliat dari "luarnya" aja. Bener kata warga twitter kalau 2020 itu cuma Januari, Februari, tahu-tahu– Desember saking cepetnya berlalu dan saking simpelnya. -_- Kerasanya emang bener kayak begitu. Setelah almost one year gue nggak nulis dimari, gue putuskan untuk nulis malem ini padahal udah 8 hari gue nggak libur kerja badan berasa mau rontok.

Kalau dilihat-lihat juga sebenernya gue emang punya kecenderungan kayak begini selama hampir 10 tahun gue nulis blog. (Kaget sendiri gue udah ngeblog selama itu Ya Allah). Kecenderungan gue itu; kurang istiqomah buat ngeblog dan entah kenapa bakal nulis banyak justru hanya di awal tahun atau akhir tahun. Bisa dilihat jadi persebaran archive gue yang mana di November-Desember itu biasanya gue bakal punya lebih dari 1 posting tiap bulannya. Mungkin emang trend gue nya gitu. Awal tahun, super exited dengan segala resolusi dan mimpi-mimpi, pertengahan tahun bakal melempem semangatnya karena terbentur realita dan terseret rutinitas dan barulah menuju akhir tahun gue ketampar, kek "Kemane aje lo setahun ini?" -___- Bahkan post South Korea gue aja belom kelar -___-

Iya, gue emang gitu anaknya.

Jadi gimana 2020 nya?

Gue cuma bisa bilang– what a year?!

Kayak di 2020 banyak banget yang terjadi sampe gue bingung apa yang mau dibahas saking jelimet nya keadaan. Pengen gue skip aja rasanya, biar seolah 2020 itu berlalu tanpa terjadi apa-apa tapi justru tahun ini perlu diabadikan siapa tahu suatu hari nanti, pas gue lagi lemah, gue bakal inget kalau di 2020 gue pernah menjadi kuat. 

Beginilah summary 2020 berdasarkan ingatan gue yang sama sekali nggak bisa diandalkan ini.

Januari

Gue inget awal tahun ini JAKARTA KEBANJIRAN. Hari pertama masuk kerja abis libur tahun baru, gue dateng dengan semangat. Semangat ngepel lab yang kebanjiran terparah sepanjang gue kerja disana. Selain itu, gue officially 25years old! Sialnya, belum ada trigger apa-apa untuk meraih kehidupan yang lebih baik setelah melalui seperempat abad ini.

Februari

Ada gathering departemen yang akhirnya terlaksana setelah ribuan kali hoaks. Kalau di pikir-pikir, beruntung banget nyempet-nyempetin gathering di sela-sela jadwal kerja dan lembur yang super padet demi piknik ala kadarnya. Mana tahu ternyata, di bulan Maret, kita udah nggak bisa kemana-mana.

Gue juga sempet mau cabut ke Jogjakarta diakhir Februari yang berujung gagal di detik-detik terakhir mau mesen tiket pesawat dan pesen hotel gegara gue izin tepat beberapa jam setelah Pemprov DKI memberlakukan lockdown wilayah di beberapa daerah. Sedih banget waktu itu padahal udah bener-bener butuh refreshing banget dan udah bikin list mau kemana aja. Sampai sekarang belum kesampaian lagi ke Jogja :'(

Maret

Deadly virus (?)

Awal Maret mungkin awal dimana perubahan besar terjadi di segala aspek kehidupan. Bulannya ADAPTASI. Horor banget emang kesannya. Kita mulai kenal istilah Work From Home yang mana itu nggak berlaku pada gue karena prinsipnya; apapun kondisi nya BURUH harus tetap kerja. Pertengahan Maret adalah kali terakhir gue naik Transjakarta, masker mulai langka dan harganya mahal bingits padahal dari jaman belum Covid pun hidung gue ini sudah tergantungan sama masker. Handsanitizer juga langka. Di bulan ini juga kita kenal yang namanya Social Distancing, yang mana ini cukup memberatkan gue dan temen-temen gue karena kita termasuk sekte yang kalau kemana-mana dempet-dempet dan gandengan biar nggak ilang. Isolasi wilayah dimana-mana yang bikin gue nggak bisa ketemu emak-bapak gue di Bogor karena gue udah dianggap "kontaminasi virus" oleh keluarga gue. Jakarta yang zona merah nya horor banget. Gue sempet banget ngerasain Jakarta yang super sepi jalan raya kosong cuma ada mobil gue doang, toko-toko tutup, nggak ada orang seliweran, nggak ada bakso pakde, bener-bener nggak ada kehidupan kayak kota yang habis di serang zombie.

Yang paling berasa adalah, jam kerja gue berubah. Jadi 1-0-1 dimana 1 hari gue masuk kerja selama 12 JAM tapi dihari berikutnya gue libur. Being able to "work form home" itu berkah bagi homebody kayak gue yang selalu merasa libur Sabtu-Minggu di rumah selalu kurang. Tapi ternyata 1-0-1 itu justru bikin produktifitas gue pribadi turun. Dalam bayangan, gue akan punya waktu libur lebih banyak dan bakal banyak hal berguna yang bisa gue lakuin, nyatanya ENGGAK. Setelah bekerja 12 jam dihari sebelumnya justru kayak bikin ritme hidup nggak seimbang. Yang ada tertekan karena walau kita dirumah, kita juga masih harus dibebankan dengan kerjaan di kantor. Jatohnya malah lebih stress dan badan berasa nggak enaknya.

April

Ramadhan. Ramadhan yang bener-bener beda dan sepi banget. Gue sahur sendirian di rumah. Buka puasa lebih sering di kantor. Nggak ada tarawih jamaah, nggak ada itikaf di masjid. Nggak ada rencana mudik. Pokoknya sendu banget kalau inget Ramadhan tahun ini tuh :'(

Mei

LEBARAN TANPA MUDIK. Kali pertama setelah puluhan tahun gue mudik. Rasanya beda banget. Euforia hari raya nya bener-bener nggak berasa. Sholat EID nya juga berasa sendu banget di Masjid rumah gue. Bener-bener beda.

Juni-Juli

Nggak inget ada apaan -_-

Agustus

Bulannya PAPAP. Papap kesayangan aku ulang tahun di Bulan ini dan alhamdulillah papah sudah selesai dengan dinasnya. Kalau di flashback, Allah emang sayang banget sama papap. Semua di bikin smooth dari beberapa tahun. Kata papah "Biar kalau jatuh rasanya udah nggak sakit, karena udah disuruh turun pelan-pelan". Best papah ever nggak akan ada yang bisa ngalahin papap aku pokoknya.

Ada lagi hal yang cukup bikin berkesan di bulan ini. Jadi kan kantor gue biasanya itu ngadain lomba 17 Agustusan. Cuma karena lagi pandemi, lombanya itu jadi lomba virtual yang sebenernya kurang asik. Dan untuk pertama kali dalam sejarah, departemen gue MENANG GRAND PRIZE! Menang Lomba Yel-yel yang emang menurut gue worth untuk dimenangin sam department gue.

September

Salah satu moment yang nggak terlupakan terjadi di bulan ini– Camping di Ranca Upas. Saking kita udah jenuh sama keadaan, udah di ujung tanduk banget butuh refreshing munculah ide absurd buat camping. Padahal ada cara yang lebih nggak repot dan lebih membahagiaan untuk sekedar lari dari rutinitas gitu. Tapi nggak tahu kenapa ide yang ngasal itu malah justru kesampean. Super mendadak, super nggak jelas, super ngakak dengan kolaborasi rombongan yang nggak pernah terbayangkan juga. Nanti kalu mood, bakal di bikin post sendiri tentang camping di Ranca Upas tanpa melihat rusa ini.

Oktober

SUDDEN RUNAWAY– Glamping dadakan di Rancabali yang isinya cuma tidur dan gogoleran tapi ternyata seberkesan itu. Gara-gara tempatnya sebagus itu, akhirnya secara official gue bikin cinematic ala-ala untuk pertama kalinya. Tentang gimana deep nya glamping di Rancabali ini, gue juga mungkin bakal bikin post sendiri nanti. Gue sampe janji ke diri gue sendiri kalau gue harus kesana lagi sama Papap, Mamah dan Adek saking gue nggak nyeselnya kesana.

November

Nggak ada yang spesial-spesial amat di bulan ini. Nunggu musim hujan dan sempet ketemu Hujan juga di bulan ini tapi nggak seberkesan biasanya. Justru saking nolyfe nya gue, GUE JADI BUCIN KIM SEONHO– mungkin buncin Han Jipyeong lebih tepatnya. Setelah sekian lama semenjak Kang Maru, gue menemukan lagi fictional character yang bikin gue lemah. Hari-hari gue di bulan November diisi dengan nonton 1N2D Season 4 yang cukup bisa menekan kejengahan hidup gue.

Desember

Kejar targer akhir tahun. Kerja kayak kuda.

KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA.  KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA. KERJA.

Inti dari tahun ini bagi sendiri adalah KERJA.

Kayaknya gue menghabiskan 3/4 waktu gue di tahun ini cuma buat kerja. Berangkat pagi pulang malem. Sabtu-Minggu masuk. Ke rumah cuma buat tidur besok paginya bangun kerja lagi sampe malem, pulang tidur, besoknya kerja lagi. Udah. Gitu. Doang.

Kemarin malem gue sempet VC an sama temen SMAK gue buat ngomongin project, dan salah satu temen gue bilang "Gue kalau ngeliat story pini, ajib banget kayak orang nggak pernah libur,". Ya memang begitu adanya. Kalau dibilang no lyfe ya– memang. NO LYFE. Gue nih udah macem mesin robot. Hidupnya stagnan banget nggak ada triggernya sama sekali. Hiburan gue selama setahun ini cuma netflix sama Viu.


Semoga, 2021 LEBIH BERKAH :)

You Might Also Like

0 komentar

Comment