Seoul Day 5 - Hanbok & Gyeongbok Palace

January 26, 2020

Finally, Day 5!
Hari sebelumnya ngerasa kurang memforsir diri karena badan kayaknya udah nggak kuat. Maka dari itu, setelah istirahat yang cukup panjang, di hari ke lima ini kita memulai hari dengan semangat yang penuh lagi. The most anticipated day of our trip has finally arrived as we get to try Korea's traditional clothing– Hanbok.

Hongdae masih terlalu sepi padahal sudah pukul 09.30-an. Ini tempat yang kalau sore-sore supeeeer rame dimana selalu ada street performers disini bener-bener kosong sepanjang jalan hampir nggak ada orang sama sekali.

Untuk pergi ke Gyeongbok Palace, kita bisa turun di Gyeongbokgung Station dan keluar di Exit 1 yang langsung mengarah pada area Gyengbok Palace. Pokoknya jalan-jalan by subway gini nggak akan tersesat karena semua tempat-tempat penting dan terkenal pasti punya subway station sendiri dan pintu keluarnya itu lansung mengarah ke tempat yang dituju tanpa perlu susah payah nyari-nyari. Fyi, ornamen Gyengbok Station ini keren banget. Begitu keluar subway kita langsung ngerasain suasana tradisional yang kental banget karena dinding dan langit-langit stasiun nya didominasi batu dan ukiran ala-ala jaman Joseon.

still early morning, but Gyeongbok Palace already crowded

Ruamee nya nggak ketulungan dan banyak banget turis disini (namanya juga number 1 turis attraction pin -_-). Selain turis, banyak juga rombongan anak sekolah berseragam yang mungkin lagi pada study tour.

Alasan gue cabut lumayan pagi adalah karena kita mau sewa hanbok dan kita belum tahu persis dimana posisi toko rental nya itu dan masalah selanjutnya adalah, gue sebenarnya sewa Hanbok untuk hari sebelumnya. Begitu sampai di Seoul, gue baru tahu kalau Gyeongbokgung tutup di Hari Selasa, yang mana terpaksa jadwal pergi ke Gyeongbok kita geser satu hari setelahnya dan kita belum tahu apakah sewa hanbok di hari reservasi yang beda boleh atau enggak. Panik juga sebetulnya karena nggak afdol rasanya kalau main ke palace nggak pake Hanbok dan sayang kalau duit sewanya hangus. Maka, tugas pertama kita begitu sampai Gyengbok adalah mencari Hanboknam– toko tempat gue sewa Hanbok by Klook.

suasana di samping Istana Gyeongbok
Dibayangan gue mencari toko yang udah branding di Klook itu bakal gampang karena gue kira posisinya bakal di main street dan petunjuknya bakalan besar dan jelas. Ternyata.. nggak semudah itu. Saking banyaknya tempat sewa Hanbok, gue sampe seliwer sendiri.

Malah ketemu Gong Yoo
saking banyak nya toko sewa Hanbok sampe seliwer -_-

Butuh waktu 1.5 buat kita menemukan posisi Hanboknam yang TERNYATA– nyempil di jalan kecil -___- Pantesan udah pakai maps bahkan udah nanya ke dua ahjussi, tetep nggak ada yang bisa ngasih pencerahan. Gangnya keciiiil banget (lebih kecil dari gambar diatas) dan waktu itu diujung jalannya ada mobil parkir yang nutupin sejalan. Gue nggak sadar itu jalan karena gue kira itu mobil parkir di halaman rumah orang.

Finally!

Intinya, kita salah ambil jalan lewat gang-gang kecil padahal kalau lewat jalan besar kemungkinan ketemunya bakal lebih cepet.

Efek gimmick sageuk (drama historical) dan berhubung emak gue emang fans garis kerasnya Dae Janggeum dan Dong Yi, gue reserve Hanbok bertema biar ngayal jadi putri mahkotanya makin berasa. Setelah milah-milih, gonta-ganti Hanbok yang cucok akhirnya kita meluncur kembali ke Gyeongbok Palace, siap untuk berfoto.

Ketika gue sampai di gerbang Gyeongbok Palace nya lagi, bertepatan banget dengan pergantian royal guard nya. Agak beda sih dari yang gue liat di Youtube rangorang yang kayaknya heboh macem festival gitu. Yang kemarin gue liat, pergantian penjaga ini cuma baris sambil jalan muter-muter barengan, abis itu kelar. Postur royal guardnya tinggi-tinggi banget dan kerennya.. begitu mereka berdiri di posisi masing-masing, mereka bener-bener nggak gerak udah kayak patung. Kedip aja jarang padahal silau bat.

Papap dengan kostum saudagar kaya raya
kerudung gue chaos banget sih emang pas disini dan gue terlalu malas benerinnya waktu itu -_-

Faktanya, foto di Gyeongbok dengan indah itu bukan perkara mudah. SUSAAAAAH banget karena disini rame banget. Belum lagi, banyak orang-orang yang sewa professional photographer yang mana spot-spot keren nan sepi udah di pantek sama mereka -_-
Jangan pernah berekspektasi apapun, karena faktanya; IYA SERAME INI.

Gyeongbok Palace ini pernah rusak karena kebakaran dan di restore lagi semirip mungkin dengan aslinya. Di main area ini gersang dan silau banget, nggak ada pohon sama sekali cuma dikelilingi lapangan kosong yang luaaaaas banget.

Ukiran dan lukisannya emang detail banget. Yang gue salut adalah, semua yang ada disini nggak ada yang keliatan usang. Warna cat nya masih tajam, nggak ada sarang laba-laba atau 'sawang' di sela-sela ukirannya. Walaupun ini disebut peinggalan, tapi seolah bener-bener dirawat dan di jaga.

Setelah puas foto di area istana, lanjut jalan ke sisi kiri istana dimana disana terdapat semacam taman. Disini lebiha asri dan sejuk karena ada padang rumput dan banyak pohon. Disini juga ada paviliun yang dikelilingi kolam yang– sumpah ini indahnya kebangetan.

Tempat raja menerung mikirin nasib negara nya kali ya -_-

Kebayang gimana syahdunya berdiri ditengah pavilliun itu, dikelilingi kolam yang juga dikelilingi pohon-pohon, terus di belakangnya ada latar gunung. Hiks. Ku ingin jadi istri raja rasanya :'(

Salah satu best view menurut gue adalah karena adanya Gunung Bugak. Tapi emang kayaknya konsep istana diseluruh dunia kayak gitu deh. Ibarat pasti terletak di posisi terbaik.

Unnies.
karena ku hanyalah tukang poto bagi mereka

Oh iya, gue belum ngomongin detail Hanbok gue.
Cuma ada dua warna yang sejak awal ada di bayangan kalau sewa Hanbok; dongker atau kuning pastel. Itu kenapa gue pakai kerudung navy. Ternyata, emak gue milih warna dongker duluan yaudah akhirnya gue pilih pastel yellow. Even kerudung gue yang super kucel, gue suka banget sama Hanbok yang gue pake. :')

simple yet elegant

Saking mendalami karakter jadi warga era Joseon, kita sampai lupa sudah waktunya mengembalikan Hanbok. Sejujurnya ada satu yang kurang bagi gue pribadi. Gue pengen foto pake Hanbok dengan latar gedung National Folk Museum. Tapi lokasinya sepertinya terlalu jauh dari tempat sewa Hanbok jadi kita skip waktu itu. Overall puas banget bener-bener puas ngelilingin Istana Gyeongbok ini.

Gate samping
sepertinya itu onyet.
Selesai mengembalikan Hanbok kita masuk ke National Palace Museum of Korea yang posisi nya ada persis di samping Istana Gyeongbok. Gue nggak foto-foto di dalemnya karena gue nggak tahu boleh foto atau enggak. Di dalemnya sih nggak jauh beda dengan museum-museum pada umumnya, diorama-diorama dan segal jenis barang-barang peninggalan raja-raja Joseon dulu.

Lanjut perjalan ke Gwanghwamun Square buat foto sama King Sejong dan Admiral Yi Sun Shin. Sambil cari tempat buat makan siang karena ternyata udah lewat jauh dari jam makan siang saking asiknya.

Gyeongbok Palace tampak depan.

Kasih kuning-kuning dulu biar seger hihi..