Glamping Lakeside, Rancabali

October 03, 2020


Dua kali ke Ciwidey dalam 1 bulan adalah rekor terbaru jalan-jalan gue. Bahkan, masih ingat harus keluar-masuk tol mana, belok kemana, persimpangan jalannya, lika-liku jalannya, bahkan setiap alfamart yang ada di sepanjang jalan! Kalau sebelumnya bisa dibilang gue camping gembel, sekarang saatnya gue camping mevvah alias– Glamping. Gue pergi bertigaan ; Gue, forever tandem gue Alfi, dan Pangestu.

And believe me, Ciwidey can make people falling in love!
Cara buat nginep disini adalah kita mesti reservasi dulu untuk bisa nginep. Berhubung ini juga judulnya sudden runaway, kita baru banget reservasi pagi hari nya waktu kita mau jalan ke Bandung. Untungnya masih dapet kamar walau bukan kamar yang kita idam-idamkan. Sumpah, kita pengen banget dapet kamar lakeside yang teras nya langsung menghadap ke Situ Patenggang, tapi ya gimana itu kamar emang exclusive banget dan kite-kite nih emang warga dadakan. Alhamdulillah masih dapet kamar, di type keong, yang jaraknya ke Situ lumayan jauh, sekitar 800 meter.

Jadi kan, belum ada sebulan emang kita udah dari Ciwidey, cuma ya terjauh kita emang cuma sampai Ranca Upas dan untuk menuju ke Rancabali, kita masih harus jalan sedikit lebih jauh lagi.

Tapi..
Demi apapun, beberapa ratus meter setelah melewati Ranca Upas, tepatnya ketika kita melewati gerbang bertulisan "Selamat Datang di Rancabali" dan mulai ngeliat tulisan "Walini" dimana-mana, maka saat itulah kita akan di buat breath taking sama pemandangannya. Bener-bener bikin terharu saking chill dan bagusnya. Menurut gue, lebih bagus dari pemandangan Kebun Teh Puncak disekitaran Masjid At-Ta'awun *crey~

What's make me falling in love with?
Nggak bisa disebutin satu-satu dan nggak bisa dijelasin dengan gamblang. Sebagai orang yang demen ke tempat ijo-ijo-kabut-kabut-mejik, tempat kayak beginian pasti bakalan gue bilang bagus. Awalnya gue emang nggak expect apa-apa tentang tempat ini, bakalan bagus tapi ya bagus yang biasa aja gitu macem kita nginep di Puncak Bogor. Oh iya, Situ Patenggang ini terkenal sebagai lokasi syuting Film Heart nya Acha-Irwansyah-Nirina. As gue dulu pernah jadi pecinta film itu pada masanya karena gue sukak banget sama sinematografi itu film yang emang colour grading nya bagus banget pada jamannya, ternyata tempat ini emang Heart vibes banget. Sendu-sendu uwu bikin hati jadi melankolis gitu. Jauh lebih bagus dari yang gue bayangkan.

Situ Patenggang's Scenery
Dari atas Kapan Phinisi ini kita bisa liat surrounding nya Situ Patenggang dari sudut yang emang bagus banget.

 

The fog and the atmosphere
Jadikan gue sampai di Rancabali sekitar jam 15an, pas banget sama waktu Check ini. Setelah leyeh-leyeh bentar di tenda, kita baru mulai muter-muter sekitar jam 16an. Pas kita jalan, belum ada kabut dan masih cerah, cuma emang cuacanya mendung dan berasa dingin gitu. Kita disana sampai maghrib pas banget ngeliat kabut turun like magic gitu. Gils sih bikin merinding sendu gitu.

Kudu banget naik kapal buat keliling Situ Patenggang dan gue saranin banget naik nya abis-abis ashar menjelang maghrib kayak gue gitu karena pas banget saat gue naik kapal, pas banget kabut basah nya turun. Jadi suasana waktu kita di kapalnya mendukung banget. Sekalian juga, bisa ngerasain suasana di Jembatan Situ Patenggang saat sore dan malam hari pas lampu-lampu di jembatannya sudah dinyalakan :}



Green field of the tea gardens
Yang belum berhasil kita lakuin kemarin sore karena keburu malem adalah jalan-jalan di kebun teh. Selalu suka jalan di kebun teh gini kayak mata jadi seger banget. Semakin kita naik, semakin bakalan bagus banget karena kita bakalan ngeliat hamparan kebun teh yang ujungna adalah Situ Patenggang.


Tiga point itu sih yang bikin gue super nggak nyesel jalan kesana.

Ngomongin soal glamping, nggak lupa gue bakal ngomongin soal Tenda. Jadi di Glamping Lakeside Rancabali ini adalah beberapa type Tenda dengan beragam range harga.  Ini gue urutin berdasarkan harganya dari yang termahal sampai yang termurah. Tapi untuk detail harganya, bisa update sendiri ke contact person nya karena pasti berubah-ubah.
1. Family Tent (Capacity for 4 person)
2. Sayang Heulang (Capacity for 4 person)
3. Lakeside Tent (Capacity for 2 person)
4. Keong Tent (Capacity for 4 person).

Semua nya bisa pake extra bed dengan additional fee tentunya. Seperti yang gue katakan sebelumnya, karena gue cabut mendadak, kita dapet sisa kamar yaitu di Keong Tent. Beginilah penampakannya.


Dari segi fasilitas sih enough. Ada kamar mandi yang super bersih di setiap tenda, teh, kopi, air minum, handuk, selimut dll. Gue gue saranin aja, mendingan bawa makanan berat sendiri atau kalau mau grill an bisa juga bawa sendiri karena lebih puas. Disana juga ada barbeque yang gue kira itu kita panggang sendiri ternyata barbeque yang udah jadi dan rasanya B aja nggak bikin gue kenyang. Ada juga makanan lainnya yang dijual tapi lumayan mahal. Intinya kita kelaperan karena mager banget buat ke Resto malem-malem karena lokasi tenda gue yang terasing dari mana-mana. Untungnya siangnya kita abis makan Nasi Padang, jadi lumayan masih ada sisa-sisa karbohidrat dalam badan ini. Pokoknya kudu bawa makanan berat kalau nggak niat barbeque an sendiri.

Soal udaranya,
DINGIN. EMANG. Tapi gue nggak nyangka akan sedingin itu. Masalahnya kita bertiga ini udah pernah hampir pingsan beku waktu camping di Ranca Upas. Itu semua juga terjadi karena tenda kita di Ranca Upas saat itu bobrok banget dan bocor. Jadi, dengan segala ketakaburan nya, kita bertiga yakin banget di Rancabali kita bakalan kuat secara kita tidur di dalem tenda yang kokoh, kuat dan rapat dari segala sisi. Tapi nggak tahu kenapa, pas lewat tengah malem, KITA BERTIGA KEDINGINGAN PARAH T_T Nggak separah di Ranca Upas tapi untuk ukuran tidur di dalem ruangan proper dengan celana panjang, sweater dan selimut tebal, kita tetep kedinginan. PARAH. Gue aja sampe pakai jaket double saking nggak sanggupnya T_T


Muka-muka bahagia setelah berhasil melewati malam yang dingin :)

Siangnya, sebelum check out, kita sempetin main golesat sebelum balik ke Jakarta.
Hal terdilema yang terjadi pada kita bertiga selama nginep disini adalah; banyak tempat dan pemandangan bagus yang perlu banget di explore tapi karena cuacanya super bikin nyaman, jadi maunya nggak kemana-mana rabahan aja di tenda sambil nikmatin udaranya. Intinya, 2 hari 1 malem disana belum cukup puas.

Worth?
Tentu. Gue janji kediri gue sendiri bakalan kesini lagi sama Papap Mamah gue, dan kudu nginep di Lakeside Tent. Nggak kebayang gimana ajib nya bangun pagi disambut kabut basah plus pemandangan Situ yang nyegerin mata itu T_T

Ahh ya, I made my first ever cinematic video while travelling. Hope you enjoy :)



You Might Also Like

0 komentar

Comment