Donor Darah

December 31, 2017

Sedekah paling murah itu donor darah..
Gitu kata Ka Anna.


Seperti yang Ka Anna bilang dan seperti beberapa cerita yang pernah gue baca, ketersediaan darah di bank darah masih kurang untuk menyokong kebutuhan. Setiap harinya, banyak orang yang membutuhkan donor, sayangnya di pendonor masih minim. Sampai saat ini kebutuhan darah baru tercapai sekitar 300 kantung/bulan sedangkan kebutuhan PMI mencapai 1000 kantong/bulan.

Dari dulu sebenernya gue udah pengen donor. Waktu SMA, pas gue PKL di Bayer, dalam rangka menyambut hari K3 kalau ga salah, gue sempet daftar donor. Apalah daya ketika berat badan gue waktu itu nggak masuk kriteria untuk bisa donor -_- 

Akhirnya, setelah empat tahun berlalu.. kesampean.
*yang berarti gue menggendut karena berat gue akhirnya masuk kriteria -_-

Gue donor di PMI Kramat. Pake acara bloon dulu, mau ke Kramat dari Cempaka Putih segala lewat underpass Senen. Padahal tinggal belok kiri udah sampe, ini malah muter ke RSPAD, pinter beneeeer. Dipertanyakanlah 2 tahun gue yang pernah tinggal di Senen tapi masih aja nggak paham jalan -_- Oh ya, buat yang domisilinya sekitaran Kramat, Senen, Matraman, Cempaka Putih bisa langsung aja dateng ke PMI Kramat lantai 5 ya..


Prosedur yang gue lakuin :
  1. Harus udah makan dan pastiin kalau kita lagi nggak kelaparan. Sebaiknya sudah makan 3-4 jam sebelum donor
  2. Dateng ke tempat donor dengan riang gembira, hati tulus ikhlas demi membantu sesama *ecieilaaaah~
  3. Ngisi formulir. Jangan lupa bawa KTP.
  4. Nyerahin formulir ke loket pendaftaran.
  5. Duduk di ruang tunggu. Sambil nunggu dipanggil buat cek Hb, mending timbang berat badan di timbangan yang udah disediain karena nanti ditanyain.
  6. Nama kita dipanggil buat cek golongan darah untuk yang pertama kali donor, lalu cek Hb. Hb minimal itu 12.5 % kata mbak-mbak yang ngecek gue. Hb gue 13.4 waktu di cek jadi gue lolos.
  7. Nungguin lagi dipanggil buat ke dokter. Di dokter nanti bakalan di cek tensi. Tekanan darah 100-180 sistole dan 70-100 diastole.
  8. Lolos Hb dan tensi, tinggal nunggu dipanggil buat eksekusi donor.
  9. Sambil nunggu, bisa cuci tangan dulu sampe siku di tangan yang nanti mau di tusukin jarum. Biar yakin udah bersih aja sih.
  10. Nama kita dipanggil, disuruh rebahan di kasur dan.. 
  11. ..DONOR.
  12. Selesai donor, serahin lagi form yang kita dapet dari meja pendaftaran lagi.
  13. Ambil makanan :)

Cerita dikit,
jadi gue pengennya donor di tangan kiri, karena gue kemaren sore abis jatoh dari motor jadi tangan kanan gue agak bengkak dan gue kudu balik bawa motor Kramat-Cakung, jadi gue lebih pede di tangan kiri.

Suster nya agak bitter gitu ngomong ke gue "Pertama kali donor? Kok pengen di kiri?" gitu kata dia. Ya gue pengen aja di kiri secara dia nanya pengen tangan apa dan nggak merekomendasikan tangan yang lebih baik itu yang mana. Pas cek ditangan kiri, ternyata dia nggak nemu pembuluh darah tangan kiri gue jadilah gue disuruh pindah kasur buat donor tangan kanan abis itu suster dan temennya bitter lagi ke gue "Udah malem kali ya, ngantuk". GAH!

Saran dari gue, kalau cewek mending di kanan. Katanya sih kalau perempuan pembuluh darah kanannya lebih besar jadi pilih tangan kanan aja biar ga di bitterin sama suster.

Sebenernya nggak ada manfaat langsung yang kita dapatkan dengan mendonor darah. Seenggaknya dengan donor, darah ditubuh kita akan terpacu untuk membentuk sel-sel darah baru. Intinya sih, nilai kemanusiaannya yang dijunjung tinggi, karena katanya satu kantung yang kita donorkan itu dapat menyelamatkan 3 nyawa.

Q : Nggak berani donor, katanya sakit ya?
A : Mana ada ditusuk jarum nggak sakit. Jatoh aja sakit kan?

Q : Gue takut ih.
A : Kalau takut ya nggak usah. Nggak ada yang maksa juga.

Q : Katanya kalau abis donor darah badan kita bakal lemes?
A : Lemes mah belum makan kali. Balik lagi, tergantung masing-masing orangnya, emang ada yang pusing dan lemes abis donor, tapi ada yang B aja kayak gue. Tapi cerita kalau yang abis donor bakal tumbng sampai butuh perawatan medis berat dan harus dirawat itu kayaknya nggak ada.

Q : Takut ada efeknya, ya ga?
A : Ada, kata Ka Ann sama Ka Bas, efek setelahnya mereka jadi laperan, sampai besoknya bawaannya pengen makan mulu, tapi gue nggak merasakan itu haha.. Menurut yang gue baca donor itu sangat aman dan tidak berbahaya bagi tubuh. Kalau ragu sama posko-posko donor, mending langsung dateng aja ke PMI biar yakin.

Intinya sih, darah kita nggak akan habis dengan mendonor,
Jadi, mari donor darah :)

You Might Also Like

0 komentar

Comment