Flashback - Praktik Kerja Lapang @PT Bayer Indonesia, Cimanggis - Plant

March 06, 2014

Gegara posting tentang Berocca dan Lee Seung Gi, gue jadi pengen post segala macem yang pernah terjadi selama gue PKL di bulan Juni sampai September tahun lalu. Cuma, saking banyak nya hal eksrem yang pernah terjadi disana, gue tulis yang gue inget aja yaa..

Posting ini telah lulus sensor. Ada hal - hal yang lebih menarik untuk diceritakan tapi tidak bisa dipublikasikan karena mengandung unsur SARA. Hahahaa..

Kenangan di PT Bayer Indonesia..
  1. Dari YKPI cuma bertiga, padahal biasanya banyak (katanya) : Fini, Jakaria, Dea
  2. Gue berangkat tiap pagi sama Dea naik beat putih pink. Dea alus banget bawa motornya.
  3. Waktu jamannya kecelakaan Dul, razia dimana - mana. Gue dan Dea terpaksa muter jalan jauh banget dan merubah rute keberangkatan kita. Ini semua gara - gara Dul!
  4. Hampir siap sore gue sama dea mampir ke rumah Jaka yang 'kebetulan' dibangun nggak jauh dari Bayer. Disana dengan sopan kami sering minta makan.
  5. Nama gue sama dea mirip. Fini Rizkita dan Dea Rezkita
  6. Anak PKL selain gue ada Ana & Dwi dari Nusa Bangsa. Lalu ada anak SMK Caraka Nusantara yang palling banyak pasukannya gue nggak hapal siapa aja, dan dari Tunas Harapan.
    Dea, Fini, Jaka (YKPI)
    Ana dan Dwi (Nusa Bangsa)
    Dwi, Jaka, Dea, Fini, Anisa, Uni, Ana, Arin
    (YKPI, Nusa Bangsa, Caraka Nusantara)
  7. Gue dan dea kebagian di laboratorium Mikrobiolgi. Jaka terpental ke QC Packing Material lalu ke Bulk.
  8. Di lab mikro, gue ketemu sama kakak - kakak super duper baik dan camen : Ka Duan, Ka Nada, Ka Ardi. Bersama kepala suku lab mikro kita, Mba Doris. Dan satu lagi anggota tambahan yang nyasar dari alam lain, yaitu General Lab, Ka Dwi.
    Ka Ardi dan Ka Nada
    Ka Duan dan Ka Nada
  9. Ka Ardi dan Ka Dwi alumni YKPI
  10. Tiap pagi kerjaan gue ngisiin data suhu inkubator sama beresin alat gelas.
  11. Kerjaan gue dari pagi preparasi Bioassay untuk kadar vitamin B12, Biotin dan Asam Folat sampe jam satuan. Gue biasanya featuring Ka Duan atau Ka Ardi. Dea ngerjain Microbiopurity featuring Ka Nada
    preparasi Bioassay
  12. Abis dzuhur biasanya gue nyuci dan inokulasi bakteri
  13. Lewat jam tigaan gue biasaanya injek bakteri. (Injection yaa.. Bukan meng-injak :p)
  14. Alat gelas yang udah pernah gue pecahin : Tabung reaksi 4 biji, Tabung Setrifuge 1 biji, Labu Ukur 500ml 1biji
  15. Gue sama dea ngefans sama Ka Adhnan, Ka Intan
  16. Mbak Anti bilang gue mirip Moon Geun Young
  17. Gue suka baju lab yang warna biru. Angeeeet.
  18. Gue sama Dea pernah kecelakaan di pemda cibinong beberapa hari di awal puasa yang menyebabkan tangan gue terkilir dan bolos PKL satu minggu lamanya. Pas masuk, tetep nggak bisa angkat berat karena tangan masih bengkak. Udah gitu jaka jadi ikut - ikutan bolos di hari H kita jatoh.
  19. Setelah sebulan PKL kami kedatangan teman baru dari SMAK Padang. Joko dan Jefri.
  20. Tiap bulan kita dapet jatah berocca satu toples
  21. Di hari ulang tahun Ka Ardi gue sama Dea bikin ucapan di post-it dan di tempel di loker dia hingga penuh.
    handmade Dea
    hanmade Fini
  22. Waktu Ka Ardi ulang tahun kita beliin kado kaos dan besok nya langsung di pake sama dia dan entah kenapa ngakak sendiri
  23. Waktu Ka Ardi ulang tahun, gue sama dea lembur di lab sampe isya dan kami kelaparan, akhirnya sebagai orang yang bertanggung jawab kami diberi makan oleh uri appaa kita, Ka Ardi, bakso Rahmat depan Bayer. Padahal, gue sama dea mau ngasih special song Happy Birthday buat dia dari pengamen tapi Ka Ardi nya keburu nyadar dan tahu akhirnya dia kabur -_- *nggak asik ka!
    penampakan Ka Ardi yang gagal
    tertangkap kamera -_-"
  24. Gue, Dea, Ka Duan, Ka Nada dan Ka Dwi sering nongkrong di McD Kelapa Dua
  25. Ka Dwi tahu banget K-Pop dan dia terobsesi sama Park Ji Young T-ara
  26. Separuh isi lab mikro adalah pecinta drama korea (bahkan Mba Doris!)
  27. Ini adalah notes pertama yang entah kakak siapa berikan untuk gue sehabis makan siang! Special for Fini! (Seperti tulisan Ka Ardi?)
  28. Kerjaan gue, dea, Ka Ardi mainin kursi biru yang bisa di turun naikin. Biasanya juga gue, dea, Ka Ardi berebutan kursi biru yang tinggi yang cuma ada dua saat kita mau baca spectro, ngerjain mp dan ngerjain sampel air, biasanya ka ardi yang ngalah (karena gue pendek) dan dia baca spectro dengan bangku pendek dengan badan yang sangat dipaksakan.
  29. Id card yang dikasih ketika masih jadi anak PKL dan ketika revisi laporan berubah : PKL > Visitor. Dan gue bangga!! 
    before : id card saat PKL
    after : id card saat revisi laporan
  30. Selama PKL, gue kebagian ngerjain GPT dua kali. Kali pertama featuring Ka Duan. Kali kedua gue jadi single fighter dan akhirnya keteteran, Ka Nada mengerahkan bantuan pada akhirnya. Udah gitu yang Inhibitor nya lupa gue bikin -_-"
  31. Theme Song gue pada masa itu Various Artist OST The Innocent Man
  32. Sebagai anak PKL, gue sering melakukan kebodohan yang tidka bisa gue jelaskan satu - persatu
  33. Baru monitoringnya kayak baju astronot dan itu kegedean banget digue. Itu alasan kenapa gue nggak suka monitoring. Biarkan orang berbadan besar yang melakukannya.
  34. Kalau taruhan sama Ka Dwi pasti antara Chitato, Snakers, atau McFlurry :3
  35. Gue dan Dea pernah ditinggal Town Hall berdua doang dan lab menjadi sangat dingin dan sunyiiiiiii..
  36. Analisis paling camen adalah ketika bikin Plasebo -_-"
  37. Hampir tiap hari Jum'at gue sama Dea mampir ke Cibinong Point buat main Pump
Sekian.
Mungkin suatu saat gue ingat sesuatu dana kan gue tambahkan.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Hi boleh tau ga cara daftar pkl di bayer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu aku cuma daftar ke sekolah dan pihak sekolah (guru pembimbing) aku yang ngurusin. Kayaknya cuma ngasih surat pengantar dari sekolah deeeh :D

      Delete
  2. dibayar berapa ka

    ReplyDelete

Comment