First Summit : Mt. Gede 2958 mdpl

from : adalrico.net
Mau kemana kita?
Ke gunung!
Nyanyi ala ala dora gitu ceritanya.

Kalau Ismi bilang, dia naik gunung untuk membuang kenangan pahit masa lalu nya, kalau gue mah.. apa atuh, cuma pengen jadi anak sok jagoan biar punya embel - embel udah pernah naik gunung. Gue minta di paksa untuk ikut. Minta di paksa ya, jadi gue mau ikut kalau ada orang yang maksa - maksa gue buat ikut. Mueheheee.. Bersama rombongan Teknik Kimia UMJ 2015 (yang isi nya cuma kurang dari dua puluh lima orang) kami memutuskan berangkat balik kampus.

Dengan modal sepatu dan sleeping bag pinjeman ka ara, dan jaket pinjeman bang fateh, gue berangkat dari Johar Baru menuju Stasiun Kramat dianterin Ka Bas buat ketemuan sama Ismi. Kita jalan dari stasiun Kramat menuju Jatinegara (karena ceritinya kita janjian di jatneg) sekitar pukul sembilan malam. Sampai di jatneg, ternyata rombongan yang katanya mau rombongan ke Bogor nggak pada ngumpul dan malah ribut sendiri soal dimana - kemana - sama siapa. Akhirnya kami putuskan (gue, ismi, ka bas, dan bang ali) buat caw duluan ke BOGOR! Okelah, skip aja cerita rumit ketemuannya - karena dijamin posting ini bakaan panjang, maka setelah kurang lebih dua jam terlantar di stasiun Bogor, akhirnya kami berkumpul :')

ka pandu, gue, ismi
Setelah melalui perjalanan panjang juga dari Bogor menuju puncak naik angkot yang mogok tengah malem. Akhirnya kita sampai. Sembari nunggu pagi, kita mulai tertidur di teras rumah warga. Nggak kerasa makin pagi udara makin dingin. Paha sama tangan gue udah nggak sanggup lagi nahan dingin dan akhirnya sebelum subuh gue udah bangun saking kedinginannya. Gue dan Ismi joget - joget nggak jelas demi mencari secercah kehangatan yang belum juga timbul meski matahari mulai terlihat. Sekitar jam tujuh, kita mulai jalan. Bismillah.. first step gue mendaki Gunung Gede..

Dengan hati riang gembira, perut keisi indomie rebus, diiringan playlist lagu Sherina lima belas tahun lalu, kami menyusuri hutan - hutan. Masih riang gembira karena energi masih full.

Oh iya, for your information nih yah, untuk daki ke gunug Gede, ada tiga jalur pendakian. Rute pendakian Cibodas, Gunung Putri dan Salabinta. Gue dan rombongan star dari Gunung Putri. Pendakian awal kami melewati rumah dan kebun - kebun penduduk. Setelah melewati sungai kecil, barulah mulai terasa rute pendakian yang sesungguhnya.

Ka Bas dengan 'Banana Boat'-nya

Ada beberapa pos di sepanjang perjalanan. Yang gue inget cuma Pos Tanah Merah, Pos Legok Lenca, Pos Buntut Lutung, Pos Lawang Seketeng dan Pos Simpang Maleber (kalau gak salah ya namanya, lupa). Nah seinget gue setelah lewat pos ketiga, jalur semakin curam (walau nggak parah - parah amat) dan makin sempit. Bertanah dan lembab. Rentan kepeleset karena udara lembab bikin tanah - tanah nya setengah basah gitu,

Waktu itu banyak banget pendaki, makanya gue nggak ngerasa ada di hutan belantara karena emang rame banget orang semua isinya. Setelah kurang lebih empat jam kami terus berjalan, barulah capek mulai terasa. Kalau diliat, sekitar jam setengah sebelas (kita start jam tujuh) badan mulai keringet dingin - keringet campur udara dingin maksudnya, pundak pegel bawa carier, kaki kerasa baal, ujung - ujung jari kaki kerasa perih, dan mata kliengan. Di jam - jam segitu rombongan gue makin sering istirahat. Seriusan, jalan nggak sampe sepuluh menit, udah minta duduk lagi sepuluh menit. Udara dingin mulai merasuk di tambah keringet bercucuran makin berasa kita udah deket Surya Kencana.

Di jam - jam segitu, gue mulai benci kalimat "Sebentar lagi," Serius! Sebenernya pohon udah mulai keliatan landai, dan langit udah mulai keliatan jelas nggak ketutup pohon - pohon tinggi lagi, cuma nggak tahu kenapa ternyata masih jauuuuuuuuuh aja, dan jalan kerasa jauuuuuh lebih berat di saat kita udah mau sampe -_-

Dengan berbekal kesabaran luar biasa, di tinggal pula sama Bang Fajar yang milih ngebut, gue dan Ismi melanjutkan perjalanan. Istirahat bukan sekedar minum air atau selonjorin kaki, tapi jadi tidur siang singkat demi dapet energi lagi. Akhirnya Bang Fajar dan Bang Fejri sampe Surya Kencana duluan, mereka bahkan balik lagi ke bawah jemput kita - kita cewek lemah dan bawain carier kita duluan sampe ke atas.

Sampailah kita di SURYA KENCANA...
Such a beautiful field ever! Tiba - tiba kita di suguhkan hamparan lapangan luas yang di kelilingi Edelweiss. Disitu gue ngerasa berada di titik nol energi. *maap efek kebanyakan baca cuku Dee. Seriously, yang kebayang di otak gue waktu itu malah penggalan bagian dari SciFiction nya Dee - Supernova 4 : Partikel. Tempat dimana Zarah nyari - nyari ayahnya, sampe - sampe dia nemuin padang di atas gunung dan ngerasa disitulah zero energi. Tapi serius, dengan susah payah gue coba ambil gambar 'keindahan' itu tapi nggak ada yang bagus, itu kenapa gue percaya : kebahagiaan naik gunung itu nggak bisa di ceritain, keindahan dan kepuasan yang kita dapet pun nggak bisa di gambarkan, harus diri sendiri yang merasakan.

Ini padang edelweiss yang gue maksud. Biasa aja ya keliatannya? Iya kamera gue nggak bagus. Tapi kalau liat sendiri, BEUH ASLI keren! Capek lima jam tadi seolah kebayar :')

Rasanya lega banget udah sampe di Surya Kencana, gue sama Ismi guling - gulingan cukup lama disini, benerin posisi punggung yang udah salah arah dan balikin kaki yang udah mati rasa. Pokoknya sampe disini rasanya udah campur aduk, (padahal belum sampe puncak loooh). BEST VIEW lah pokoknya, bebas liat awan, sejauh mata memandang cuma ada edelweiss, nggak ada lagi bangunan pencakar langit yang ngalingin indahnya langit.

Problematika selanjutnya adalah : Batere handphone yang udah sekarat > power bank tiba - tiba drop. Kosong. Padahal udah diisi penuh. Pengaruh suhu dan tekanan. Untung ada power bank bang fateh yang segede gaban masih berfungsi baik di kondidi seperti ini. Problematika selanjutnya adalah : Tas perbekalan gue dan Ismi tiba - tiba penuh? Kenapa? Semua chiki - chikian yang kami bawa 'masuk angin', ngembang, gembung~

Kabut nya keren banget, Subhanallah.. Saat gue dan Ismi lagi asik - asik guling - gulingan, tiba -tiba cuaca mendung, kabut makin tebel dan dingin makin menjadi - jadi. Akhirnya dengan badan masih berat banget dan kaki belum sepenuhnya pulih, kita buru - buru ke tempat ngediriin tenda. Terima kasih untuk para cowok - cowok yang dengan murah hati ngediriin tenda buat gue dan Ismi. *kita nya cuma ongkang - ongkang kaki.

Bener, baru juga jalan ke tenda gerimis mulai turun. Kaki lecet gue paksain lari demi kelangsungan hidup carier dan isinya gue biar nggak kebasahan. Cepet - cepet masuk tenda nunggu gerimis mereda. Menuju sore, para cowok - cowok mulai mengeluarkan persenjataan mereka : nesting dan bahan - bahan masakan. Serius untuk di kondisi kayak gini, kayaknya cowok lebih pantas dengan persenjataan itu di banding cewek. Gue, Ismi dan Ima lagi - lagi dimasakin mie rebus -_-" Berhubung kita nggak bantuin masak dan cuma tahu makan doang, tanpa banyak komentar kita makan (padahal emang beneran kelaperan)

Mungkin karena badan udah lelah dan udah dapet tempat pewe buat tidur. Tanpa banyak cingcong setelah maghrib Gue dan Ismi udah terkapar dalem tenda. Di dalem sleeping bad yang tipis, dengan koas kaki, sarung tangan yang masih juga tembus dingin.

Keesokan paginya, kami di sambut dengan udara sejuk tapi lebih hangat, saking bahagia nya liat matahari, gue dan Ismi kembali melakukan treatment pagi hari di atas gunung, yaitu, joget - joget sembari nungguin yang lain masak. *sumpah ini anak nggak tahu diri banget cuma tahu makan tidur doang.

Nah, semalem sempet ada perdebatan kecil. Bukan debat sih sebenernya, tapi keputus asaan. Bang Wahyu dan beberapa cowok ngerasa nggak enak badan dan kayaknya nggak sanggup untuk lanjut naik. Ka Bas, sosok yang biasanya idealis juga malah ngusulin gimana kalau besok kita nggak usah ke puncak? Badan muai nggak sanggup. Dan keinginan itu di iyakan oleh mayoritas. Omongan manusia emang nggak bisa di pegang. Belum dua belas jam, keesokan paginya mereka malah semangat buat ke puncak. Emang ya lelah bisa merubah prinsip. Wkwkwk.. Terima kasih untuk udara hangat yang menyambut kita pagi itu.

Perjalanan di lanjutkan sekitar pukul sepuluh pagi. Dengan energi yang udah di charge dari tidur semalem, kita kembali mendaki dengan suara riang gembira. Di temani lagu - lagu galaunya Kerispatih, gue dan Ismi mulai menikmati perjalanan.

Tracknya makin nukik, karena itu makin berat buat jalan dan untungnya anak - anak nggak maksain diri buat terus jalan. Pohon - pohon buat pendek - pendek, jalurnya pun berubah jadi jalan berbatu yang cukup terjal. Kerasa banget lebih berat karena jalurnya mulai curam.

Kuran lebih dua jam perjalanan akhirnya kita sampai di PUNCAK GUNUNG GEDE 2958 mdpl..

Berhubung gue jomblo dan bingung mau nulis nulis buat siapa, jadilah special greeting nya buat SPECTROLITE ajaa. Hihihiiii...

Yang gue sayangkan adalah, waktu naik cuaca oke banget, cerah, ada matahari. Tapi di puncak malah mendung dan berkabut banget. Jadi gue nggak bisa ngeliat lereng - lereng nya. (Itu di belakang gue lereng) Nggak keliatan, soalnya kabut bener - bener tebeeeeeeel :'(

special buat ibu bapak pini
Disana super rame. Buanyaaaaak banget orang udah kayak pasar. Kita di puncak nggak lama - lama karena waktu kita mulai limit. Besok masih harus masuk kerja karena gue belum punya cuti, jadilah nggak ada sejam kita di puncak langsung turun, menuju rumah..

Perjalanan turun ini kerasa lebih ringan. Ya emang namanya juga turun. Semangat masih penuh karena udah puas kita bisa sampe puncak. Kita turun lewat rute Cibodas yang ternyata.... track nya lebih parah dari putri. Curam, berbatu, penuh ranting. Gue yang cuma turun aja ngerasa susah banget lewatnya, apalagi buat orang - orang yang naik lewat sini. Terima kasih buat Bang Fateh yang milihin kita lewat putri. Hihihiiii..

Perjalanan pulang ini sebenernya banyak view banget. Kita lewatin air panas, air terjun, jalan kayu kayak jembatan gitu, bagus deh pokoknya. Oke gue akuin dari segi panorama, Cibodas lebih keren. Sekarang baru nyesel kenapa nggak ngambil banyak gambar pas balik. Maklumlah yang ada di otak cuma rumah sama kasur, nggak kepikir lagi buat ambil gambar - gambar lagi.

ini namanya tanjakan 'setan'

Perjalanan balik ini harusnya lebih kerasa ringan cuma berhubung kita kejar - kejaran target otw Jakarta lagis sebelum maghrib, kita jadi agak keburu - buru gitu jalannya. Belum lagi perkara kaki gue mulai timbul butir air, sepatu ka Ara jebol, dan Ismi yang lecet - lecet. Ditambah hujan turun lumayan deres, dan gue kebelet!! *Plis pin -_- Kita sampai di kandang badak sekitar jam tiga. Disitu banyaaak banget pendaki yang baru mau naik. Alhamdulillah gue malah udah turun.

Setelah kandang badak ini, rombongan gue mulai nggak kompak, ada yang duluan, gue sama Ismi ditinggal. Agak sedih sih sebenernya, disitu omongan Bang Fejri teringang "Lo bakal tahu sifat asli orang kalau naik gunung," oke, disitulah gue ngerasa omongan Bang Fejri bener.

Nggak lama setelah jalur curam, kita lewatin jalanan dari balok - balok kayu gitu dan yang penting jalanannya DATAR.. Sebenernya itu keren banget kalau di foto, sayangnya gue udah frustasi bercampur kebelet jadi aja gue dan Ismi saling menyemangati. Song of the Day waktu itu adalah You Can - David Archuleta arti lagu nya ngena banget buat gue sama Ismi waktu itu.

Take me where I've never been,
Help me on my feet again.
Show me that good things come to those who wait.

Only you can take me sailin' in your deepest eyes.
Bring me to my knees and make me cry.And no one's ever done this,
Everything was just a lie.And I know, yes I know...

Akhirnya, kurang lebih pukul lima sore kami sampai! Alhamdulillah..
Yang gue cari waktu itu hanya satu hal : Kamar Mandi

Sampai di Jakarta jam dua belas malem. Makasing banyaaaak banget buat papah yang dengan baik hati jemput gue di Ciawi jadi gue nggak harus pusing naik angkutan umum buat balik Jakarta.

Sekian duyu pengalaman first summit gue! Nggak kapok kok.. Next trip nya gue ngincer Mt. Papandayan - yang katanya rutenya nggak berat. Byeee~

Oh iya, ini jalan kayu yang tadi gue maksud tadi. Muehehehe...