AKHIRNYA.. LULUS!!

May 22, 2014

Walau kata ayah gue, lulus itu 'BIASA', tapi biarkan gue lebay dikit. HAHA!!

Gimana kagak, sebagai siswi sekolah luar biasa macem YKPI, nunggu pengumuman kelulusan aje butuh waktu yang sangat luar biasa, SATU TAHUN!!


Dimana sebagai siswi SMK gue harus mengikuti dua kali sesi Ujian Nasional. Ujian yang pertama, Ujian Nasional umum *gue namain sendiri. (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika). Lalu ada Ujian Kompetensi Keahlian sesuai jurusan, berarti Komptensi Keahlian gue Kimia Analisis. Ada teori dan pratiknya. Buat para pelajar sekolah kejuruan pasti udah tahu lah yang begini - beginian.

Dari situ aja udah keliatan dan bedanya anak SMA dan anak SMK?
Ternyata masih ada lagi yang membedakan antara SMK lain dengan SMK gue. SMK lain melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian di kelas tiga. Sedangkan gue, DI KELAS EMPAT!!  Itulah kenapa kita sebut sekolah luar biasa. -_-

Selama setahun ini gue mengalami tahun paling dramatis dalam hidup gue.
Ketika semua temen - temen SD dan SMP udah pada ribut masuk Universitas. Gue hanya bisa cengo.
Ketika semua orang 95liner udah pada dandan kece buat ke kampus, gue masih dekil aje dengan seragam putih abu - abu. Untung aja muka gue agak baby face gimana gitu, jadi masih pantes - pantes aja pake seragam HAHA!!
Ketika orang kepo nanya "emang sekarang kelas berapa?". Gue hanya bisa cengo lagi. Dengan muka super duper serius, gue jawab : Kelas empat. Eh, respon yang gue dapet malah ketawaan dengan muka unbelievable. Seserius apapun muka gue, mereka kira gue bercanda.
Pada akhirnya gue harus jelaskan bahwa gue sekolah di sekolah analis kimia, dimana sekolah itu empat tahun, dimana blablablabla~ Satu, dua, tiga orang nanya masih wajar. Lah kalau semua orang nanya? Lelah menjawab. Pada akhirnya hanya ada dusta. "Saya masih kelas tiga," saking frustasinya. Dan itu ampuh! Respon paling banternya ditanya "Oooh mau UN ya?". Gue cuma ngangguk, padahal gue udah UN dari jaman kapan embuh!

Buat yang belum tahu lebih jelas, bisa searching sendiri.

Kembali lagi ke topik Ujian anak SMK. Jadilah ujian nasional umum dilaksanakan ketika kami kelas tiga. Saat itu kami masih dinyatakan TIDAK LULUS, karena kami belum mengikuti ujian kompetensi keahlian. Kompetensi keahlian dilaksanakan ketika kami kelas empat. Jadi ada jeda satu tahun dari UN sebelum nya ke UN selanjutnya. Kurang lebih seperti itu lah~

Dan jeda satu tahun itu adalah, SATU TAHUN PALING NGGAK JELAS DALAM HIDUP GUE -_-

Mari curhat sedikit. 
Gue punya estimasi perhitungan waktu setahun belakangan ini : 
  • Mulai kelas 4 tahun ajaran 2013 - 2014 itu bulan Juli.
  • Eyke Prakerin dari bulan Juli - September 2013
  • Ngerjain laporan dan revisi sekitar satu bulanan, anggap pertengahan November udah fix beres.
  • NAH! Dari bulan DESEMBER sampai FEBRUARI bisa dibilang gue jadi PENGANGGURAN! Ke sekolah cuma sesekali minta ini - itu nggak jelas. Kadang ke tempat PKL tanda tangan ini - itu nggak jelas. Berakhir pada pola hidup yang tidak sehat, seperti begadang, nonton drama korea berlebihan, makan dan mandi tidak teratur, dan bangun siang.
  • Barulah bulan sekitar bulan Februari mulai belajar lagi untuk Ujian Kompetensi Keahlian Pratik. Dimana suka dukanya sudah gue ceritakan disini.
  • Maret - April kita sibuk lagi persiapan Ujian Kompetensi Keahlian Teori (UN kedua nya anak analis kimia)
  • April - Mei adalah bulan 'galau'. Mau cari kerja, pengumuman lulus belum ada, mau nggak kerja udah panik takut berebutan sama orang - orang kalau mepet - mepet setelah kelulusan. Gimane dong?
*SKIP! Gue sih berharap aja kurikulum nya diperbaiki. Entah di padetin jadi tiga tahun aja. Atau di tahun ke empat itu di buat lebih bermanfaat, biar nggak kebanyakan nganggurnya gitu. Sayang umur masalahnya. Berasa tua di SMA. Hehhehe..

TINGGAL WISUDA!!!


SELAMAT BUAT SELURUH SISWA SISWI SMK SEDERAJAT YANG LULUS TAHUN INI!! Khususnya buat @spectrolite11 yang udah melewati suka - duka bareng selama empat tahun kebelakang. Inget ya, jangan kira perjalanan udah berakhir, justru baru dimulai~ FIGHTING!! ^^

*gak sabar lempar toga.

You Might Also Like

0 komentar

Comment