Mengenang masa lalu - SDIT Ummul Quro Bogor

August 11, 2013

Tetiba inget masa - masa enam tahun di SD gue. SDIT Ummul Quro. Kalau di Bogor, dia cukup terkenal sebagai salah satu sekolah Islam Terpadu terbesar, dikenal nya dengan Yayasan Ummul Quro Bogor (UQ). Itu udah sepaket, TKIT UQ, SDIT UQ, SLTPIT UQ, SLTAIT UQ. dulu ada PGTKUQ dan PGSDUQ nya, sekarang nggak tahu masih ada atau enggak.

Perkembangan nya lumayan juga. Selama gue sekolah disana, gue nyaksiin banget gimana sekolah itu berkembang. Banyak banget perubahan yang terjadi selama gue sekolah disana atau bahkan setelah gue lulus. Sebagai siswa yang tumbuh bersama tumbuhnya SD gue ini gue tahu jelas gimana dulu nya sekolah itu sebelum perkembang seperti sekarang. Saat gue sekolah disana, SD gue dulu bisa dibilang jaman nya sekolah masih gembel. Beda sama UQ sekarang yang sudah bertransformasi menjadi sekolah elite dengan fasilitas memadai.

Salah satu perubahan mencolok adalah.. LOGO! Ketika gue kelas satu dan dua logonya : Huruf 'U' ada tulisan arabnya, ditengah - tengah nya ada kakbah. Ketika gue kelas tiga, logonya berubah, jadi seperti gambar di bawah ini. Logo yang masih dipakai hingga sekarang.
Karena tiba - tiba tindu sama sekolah masa SD, akhirnya gue bikin rangkuman kenangan tak terlupakan selama enam tahun gue berada di sekolah itu, ini dia:

Kelas Satu :
  • Angkatan pertama yang seragam khas nya berubah, dulu kotak – kotak biru, pas angkatan gue berubah kotak – kotak hijau.
  • Gue masuk kelas 1C sama firda sama rayhan.
  • Walikelas nya Bu Nur, guru pendampingnya Bu Nufus.
  • Sampul buku gue gambar teletubies.
  • Kelas gue nggak ada bangku nya, jadi belajar di lantai padahal kelas 1A sama 1B udah punya bangku.
  • Kelas satu dan dua nya menempati gedung yang sekarang jadi gedung TKIT.
  • Kelas gue satu – satu nya kelas satu yang di lantai atas bareng kelas dua.
  • Inget banget di jalan setapak mau ke kamar mandi suka banyak ulet bulu nya.
  • Masih pake model caturwulan
  • Gue rangking 1.
  • Guru qiroati gue nama nya Pak Lukman dan beliau gemesan banget sama gue.
  • Pas naik ke qiroati dua gue ganti guru nama nya Pak Wartono
  • Ada kakak kelas yang gemesan banget sama gue dan suka nyubitin pipi gue, pas sampe rumah emak gue syok karena pipi gue memerah, namanya Ka Farah, Ka Hanifah. Ada kakak yang pernah bikinin gue orji, namanya Ka Isti. Ada juga kakak - kakak kelas lima ganteng banget, kakak nya Dini, nama nya ka Faruqi.
  • Gue nggak ikutan catering karena emak gue rajin masak.
  • Di pertengahan tahun baru dapet bangku dan kita seneng banget.
  • Gue lulus qiroati satu barengan sama Rayhan.
  • Sepatu gue ilang di suatu hari sabtu di mesjid, akhirnya diketemuin sama walikelas gue
Kelas Dua :
  • Pindah gedung ke gedung SD. Gedung SD nya baru setengah dari gedung yang sekarang
  • Gue rangking tiga dapet hadiah tempat pensil
  • Wali kelas gue masih Bu Nur
  • Kedatangan muted baru, nama nya Feren dan kita jadi temen akrab
  • Perpustakaannya di lantai dua mesjid UQ
  • Rayhan pindah ke depok
  • Temen gue, Rara juga pindah ke cikarang
  • Sepatu gue ilang dan nggak ketemu.
  • SMP dibuka
  • Temen TK gue Fira masuk ke sekolah gue.
Kelas Tiga :

  • Pindah gedung ke gedung baru, sekarang gedung SMP.
  • Pindah jemputan naik mobil firda
  • Depan kelas gue perpus jadi kalau minjem buku Cuma nyebrang doang
  • Gue sebangkuan sama Syaffa bocah paling pinter di kelas
  • Gue qiroati gue berubah jadi Pak Lalu
  • Walikelas gue Bu Emma
  • Gue pernah diingusin sama Naufal dan kerudung gue hancur berantakan
  • Sendal gue juga pernah digergaji sama naufal
  • Nulis arab gue paling cepet di kelas
  • Nabila pindah sekolah
  • Kelas gue kedatangan tiga murid baru, Andini, Dhia, Nana.
  • Sejak kelas tiga, pulang nya bukan jam dua lagi, tapi jam empat.
  • Ada pelajaran sempoa.
  • Ada beladiri thiffan.
  • Kaos kepanduannya warna coklat plus topi dan slayer
  • Guru qiroati gue namanya Bu Shanti dan gue sering banget dimarahin
  • Ikut kemping (namanya persada cendekia) di gunung bunder pembimbingnya Bu Yenny.
  • Gue ikut ekskul Kelompok Ilmiah Anak
  • Kita punya kebun jagung dan kebun jagung itu dirusakin sama anak kelas dua sampe angkatan gue pada nangis – nangis.
  • Ada bulletin yang dibuat oleh temen sekelas gue dan itu merajalela sampe ke SMP – SMP
  • Senyum nya kelompok Turki
  • Study Tour nya ke Taman Safari
Kelas Empat

  • Masih di gedung itu Cuma pindah kelas
  • Walikelasnya Bu Imas, baek banget
  • Guru qiroati gue pak Eman (kalau nggak salah)
  • Gue ikut ekskul Bina Vokalia Islam
  • Punya proyek pohon tomat tapi gagal kayaknya
  • Kaos kepanduannya warna hijau lumut.
  • Persada Cendekia nya tercacat karena banjir di sukamantri
  • Ada ekspedisi UQ dan itu seruuuu banget.
  • Senyum nya paling lupa ini gua kelompok apa. Pokonya gue menang lomba bikin komik aja
  • Study Tour nya ke Taman Mini
Kelas Lima

  • Gedung SD yang setangah nya lagi udah jadi dan kelas gue pindah ke gedung baru itu. Gedung pas gue kelas satu dijadiin gedung TK dan gedung gue pas kelas tiga-empat dijadiin gedung SMP. Fix.
  • Walikelas gue gue terkocak, Pak Rizal.
  • Ada dua ibu guru cantik, Bu Ulfa sama Bu Sari.
  • Gue sama Laras suka ngeledekin Pak Gungun sama Bu Sari eh mereka nikah beneran
  • Gue menang lomba nulis di sekolah.
  • Guru qiroati gue Pak Kurnia.
  • Persada Cendekia tersukses dan terseru yang pernah terjadi.
  • Kaus kepanduannya paling keren dan paling tebel, warna coklat muda.
  • Ada pujasera, sekelompok sama Fia, Puput, Rahma, Icha.
  • Gue ikut ekskul Jurnalistik
  • Study Tour ke Monas dan Planetarium
  • Senyum nya gue kelompok Raden Fatah
Kelas Enam


  • Pindah ke gedung waktu gue kelas dua.
  • Wali kelas nya Bu Emil.
  • Gue jago matematika saat itu selalu dapet Sembilan
  • Guru qiroati gue Pak Lalu lagi.
  • Dapet Modul UN tebel banget dan bikin tas gue jebol.
  • Mabit di Villa TNI AU Mulyasari Puncak
  • Ada manasik haji
  • Kelas gue bikin buku tahunan sendiri.
Fakta lain :


  • Sekarang seragam batiknya berubah lagi. Dulu banget, kotak – kotak biru, pas jaman gue kotak – kotak ijo, jama sekarang jadi kotak - kotak Kuning Hijau.
  • SMAIT UQ Baru buka ketika gue kelas satu SMA kayak nya.

Ini gambar gedung sekolah gue jaman sekarang :D KANGEEEENNN...

Dan ini foto kelas gue ketika gue kelas 5
sama Bapak Rizal
gue yang mana?

You Might Also Like

7 komentar

  1. hahaha keko !! gue searching tentang ummul quro eh nemu postingan lo. jadi pengen nulis juga sebelum lupa masa masa sd.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAI Nadiaa!! Kok tahu ini keko? hahhaa
      Ayoo ayoo tulis, ramaikan kenangan SD.
      Kangeeeen masa SD :')

      Delete
    2. assalammualakum

      apa faedah anda bersekolah di UQ untuk saat ini?

      kirim jawaban anda ke : koernia_nugroho@yahoo.com

      cc. dian.kurnia@agrina.co.id

      terima kasih

      Delete
  2. Wah, aku sekarang sekolahnya disitu, ganti seragam lagi lhi

    ReplyDelete
  3. Salken kak, dari alumni smpit uq angkatan 15. Walaupun beda divisi tapi tetep satu naungan��

    ReplyDelete
  4. Anonymous24/2/23 19:27

    “𝘞𝘢𝘭𝘪𝘬𝘦𝘭𝘢𝘴 𝘨𝘶𝘦 𝘨𝘶𝘦 𝘵𝘦𝘳𝘬𝘰𝘤𝘢𝘬, 𝘗𝘢𝘬 𝘙𝘪𝘻𝘢𝘭.”

    Waktu smp di uq denger cerita dri temen2 yg sd nya di uq jg, klo pak rizal dikeluarin gara2 dituduh melakukan p*l*c*han kpd muridnya pas lg negur bwt siap2 solat, dahal mah muridnya aja yg problematik dan pak rizal pun ga pernah melakukan hal itu baik disengaja maupun tidak disengaja

    ReplyDelete
  5. hai kak, salken yaa hihi...gue Zaky alumni SDIT UQ angkatan 11, lucu banget baca tulisan ini di blognya kak.. klo boleh nebak2 ini kakanya mungkin SD UQ angkatan 9 atau 8 kali ya.. sekitar 2 - 3 tahun di atas saya. Izin share yaa tulisan ini..karena inspiring saya buat bikin tulisan yg sama juga wkwk

    ReplyDelete

Comment