2014 PRIORITIES

February 01, 2014


Seperti gambar di atas, di kepala gue sedang bercabang seperti itu, bahkan lebih parah dan ekspresinya bukan senyum kayak gitu. Sebagai siswi yang sedang menapaki langkah kaki di tahun terakhir di SMK Analis Kimia YKPI Bogor. Awal tahun 2014 ini adalah awal tahun yang cukup rumit. Gue dipusingkan oleh segala hal yang nggak boleh di bilang sepele karena menyangkut MASA DEPAN GUE.

Setelah tiga bulan Praktek Kerja Lapang yang melelahkan fisik dan mental, tiga bulan berkutat dengan laporan PKL gue dan ngejlelimet dengan embel - embel vitamin B12, akhirnya, gue (kami) akan segera menghadapi rutinitas yang bikin otak nge-hang dan pingsan mendadak. Semua itu akan dimulai AWAL TAHUN INI HINGGA PERTENGAHAN TAHUN DEPAN..
Deadline Januari 2014 - Mei 2014

Ujian Kompetensi Praktik
Menyangkut empat pelajaran inti : Gravimetri, Volumetri, Mikrobiologi, Spektrofotometri. Praktikum selama belajar memang lebih nyantol dibanding belajar teorinya, tapi.. mendengar cerita horor dari banyak pihak tentang segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi di hari H, ditambah pengawas dari luar sekolah yang menurut kesimpulan gue dari beberapa cerita bahwa mereka sangat jeli dan teliti, hal ini jadi momok terbesar.

Ujian Kompetensi  Teori 
Ujian Nasional kedua bagi para penduduk sekolah kejuruan. DUA PULUH SATU standar kompetensi -_- *hingga olap. Tahun kemarin hanya 17 SK dan kenapa diangkatan gue jadi bertambah. KENAPA ANGKATAN GUE???!! KENAPAA??!! *boikot dinas. Dan alhamdulillah nya, gue udah lupa dengan materinya. -_- selamat PIN!!
Ini nih, di 21 SK yang membuat gue terpaksa bongkar gudang buat nyari buku :
  1. Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan kerja (K3LH)
  2. Melakukan teknik dasar perkerjaan laboratorium kimia (teknik dasar praktik)
  3. Menggunakan alat pemadan api (K3LH)
  4. Melaksanakan pengolahan limbah padat non B-3 (K3LH)
  5. Melakukan percobaan di laboratorium kimia 
  6. Melakukan teknik dasar analisis kuantitatif (teknik dasar teori)
  7. Mengelola laboratorium untuk analisis rutin (mengelab)
  8. Merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya (teknik dasar praktik)
  9. Membuat larutan standar dan pereaksi (teknik dasar teori)
  10. Melakukan pengambilan sampel (m.p sampel)
  11. Melakukan sintesis senyawa kimia pada skala laboratorium
  12. Melakukan analisis Titrimetri (Volumetri)
  13. Melakukan analisis Gravimetri
  14. Melakukan analisis Mikrobiologi
  15. Melakukan analisis Kromatografi
  16. Melakukan analisis bahan organik (Proksimat)
  17. Melakukan analisis kadar air (Proksimat, Gravimetri)
  18. Melakukan analisis Fotometri
  19. Melakukan analisis Elektrokimia
  20. Melakukan Verifikasi alat ukur
  21. Melakukan analisis kimia terpadu.

Daftar PTN/PTS

Gue sudah mentargetkan diri gue untuk kuliah. Apapun yang terjadi, gue pengen begitu lulus langsung kuliah tanpa nunda, gue takut akan males kuliah kalau gue nunda lagi. Dalam waktu singkat setelah Ujian Kompetensi Praktik dan Teori, gue harus sudah dapat tempat kuliah. BAHKAN! dalam waktu yang hampir bersamaan. -_-" Mau jadi apa gue kalau nggak kuliah -_-"

Lamar Kerja
Ini yang terpenting. Dalam waktu yang BERSAMAAN, ketika semua sekolah analis kimia di Indonesia menyelesaikan ujian kompetensinya, maka ketika itu dunia industri akan diserbu oleh ribuan lulusan analis kimia. Saingannya pin, seabrek!! Harus dapet kerja!! KERJA KERJA KERJA!!

Kursus Bahasa
Kalau ini bukan prioritas utama, tapi menindaklanjutin keinginan gue untuk study aboard, dan entah kenapa semenjak gue keluar dari ILP beberapa tahun silam gue merasa kemampuan berbahasa inggris gue semakin menurun. JADI! Demi memanaskan kembali setrikaan yang udah lama nggak dipakai, GUE HARUS LES!! Insyaallah dengan biaya sendiri. Amin ya Allah amin..

Bismillah..
AYO PIN GERAK CEPAT!!!
FINI! FIGHTING!!!!

(1 Februari 2014)

You Might Also Like

0 komentar

Comment