Festival Kampoeng Johar Baru 2013

December 22, 2013


17 November 2013 | Car Free Day Festival Kampoeng Johar Baru @Johar Baru, Jakarta Pusat

Lo boleh bilang gue udik lagi karena ini pertama kalinya gue sepedaan di Car Free Day!! HAHAHAHAAA!! Di deket rumah gue, jarang ada acara beginian. Di Bogor, Car Free Day Cuma di sempur doang setahu gue dan itu lebih layak dibilang pasar dibanding hari bebas kendaraan bermotor.

Setelah merengek beberapa kali ke babeh gue pengen ikut Car Free Day, akhirnya Bokap gue merestui gue ngintilin beliau di moment yang  tepat banget, FESTIVAL KAMPOENG JOHAR BARU !!! Hahaha.. Yang nggak tau apa itu Johar Baru: itu adalah wilayah di Jakarta Pusat, tetanggaan sama cempaka putih.

Biasa nya di Johar, car free day diadain satu bulan sekali di awal minggu setiap bulannya. Kali ini lebih special karena pake telor *eh. Bukan, spesial karena kedatangan Bapak Walikota Jakarta Pusat, car free day diiring dengan parade dan dilanjutkan dengan Festival besar – besaran warga se-kecamatan Johar Baru.

Gue ame bokap gue udah stand by dari jam setengah tujuh. Perjalan dari Bogor jam setengah lima pagi dan diiringi oleh gerimis. Untung, ketika tiba disana, hanya mendung nggak pake ujan. Jadi adem.. Ini amunisi gue!

itu bapak gue dengan seragam kebangsaan Johar Baru nya!

Akhirnya acara di mulai sekitar jam delapan (atau lewat gitu?). SPECIAL PERFORMANCE nya dari Pak Walikota diiring abang none JakPus. Lo perlu tahu, gue terobsesi ikutan abang-none beberapa tahun yang akan datang (dikeplak!)


Itu si abang, Bapak Walikota, si none dan bokap gue!! *paaaak!! Ikutan poto!
Setelah sambutan dari Bapak Walikota dan diresmikan dengan memukul drigen, akhirnya car free day dan festival kampoeng johar baru di mulai!!
Barisan pertama di mulai oleh komunitas sepeda dengan kaos orange - orange. Gue kurang tahu ini dari komunitas mana tapi yang gue lihat semua lapisan umur berkumpul jadi satu.

Selanjutnya keren nih, marching band dari Universitas Indonesia. MANTEEEPPPP!! Dan karena liat mereka, gue juga terobsesi jadi anggota marching bang di masa depan. *pingsan

Selanjutnya, penampilan atau pameran dari setiap kelurahan yang ada di Johar Baru (Galur, tanah tinggi, johar baru, kampung rawa *semoga nggak ada yang lupa gue sebutin) dan juga dari komunitas – komunitas lainnya. Ini ada beberapa foto dari banyak tampilan yang jadi favorit gue.
Itu ada bule. Liatin, bule aja bangga pake batik gitu, 
yang indonesia asli, ayoo mana batikmu!
Kalau ini pasti nggak akan lepas dari semua acara yang diadain di Jakarte, Ondel - ondel seperangkat dengan geng tanjidor nya. Menurut gue, ondel - ondel unyu looh, apalagi anak nya :)
Kalau ini, Tapak Suci. Tapak Suci adalah silat nya orang betawi. Adek gue beladiri nya tapak suci loooh!!
Ini ondel - ondel lagi!!! Dari kelurahan Galur (itu ada tulisannya)
 
Nah, kalau yang ini lucu. Ceritanya, mereka adalah sampah - sampah Jakarta. Mereka jalan - jalan terus disapu - sapuin sama bapak - bapak bermantel orange yang cerita nya petugas kebersihan. JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN biar JAKARTA nggak BANJIR!!
Kalau ini komunitas sepeda onthel dengan atribut khas jaman dulu. Nama komunitas nya KOJOR. Komunitas Onthel Johar Baru. Totalitas tanpa batas mbak broooww!!

Masih banyak lagi penapilan dari yang lain tapi nggak gue aplot satu – satu yee maap..
Setelah semua pasukan bubar, sekarang giliran gue menikmati gowes menggowes nya. Rute car free day nya dari underpass depan pom bensin, muter sampe depan hotel grand cempaka, terus masuk ke mardani, finish nya di kantor kecamatan johar baru.


Foto lagi sepeda gue (bukan spronsor!) dan itu sepeda temen bokap gue lucu bingits! Gue terobsesi pada onthel.

Betapa takjub nya gue lihat Jakarta kayak begini. SEPI BOOOO!! (kayak seoul) 
Setelah berusaha mengerjar rombongan parade, akhirnya gue ketemu mereka di depan hotel grand cempaka, disitu, barisannya dirapihin lagi.
Sepi bangets dah buseeet.. Jakarta begini tentram kali yaa.
Warga yang berkumpul di depan Hotel Grand Cempaka cukup banyak. Timbang kumpul - kumpul sama keluarga, main sepeda, main bola di tengah jalan yang mustahil banget dilakuin di jalan raya Jakarta pada hari biasa, ada juga emak - emak yang pada senam, kata babeh aye juga biasanye ade flash mob disini tapi ketika gue datang mereka sudah bubar. Yang tersisa hanya dangdutan -__-
Walaupun cuaca mendung..
Itu bapak walikota!! Beliau sudah gowes duluan menuju garis finish yang harus ditempuh setengah perjalanan lagi. SEMANGAT!!!
SEEEEEEEEEEEEEEEEEEPPPPPPPPPPPPPPPIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII......................
Lanjuuuttt ke garis finish. Berhubung jalan menuju kecamatan johar baru sangat sempit, (info ya : johar baru adalh wilayah terpadat pertama seASIA!!) wajar aja kalau jalan kaki juga ikutan kena macet. Gue pun terpaksa ngintil di belakan rombongan parade yang paling belakang. Hakhaksss!!

Dalam kemacetan panjang menuju garis finish. Beradu dengan antusiasme jutaan warge yang pengen liat paradanye. Haussss maaak!!
Entah kenapa gue bangga dengan jepretan dibawah ini (alay). Info lagi : Johar Baru adalah wilayah di Pusat Jakarta yang sangat di kenal dengan TA-WU-RAN nya *miris. Jadi bagi gue, gambar itu ajaib. DAMAI!!!
Buseeet dah ye lama bener mau masuk sampe ke kecamatannya juga. Di depan kantor kecamatan, ade panggung megah sama tenda, belum lagi jutaan warga yang berbondong – bondong pengen liat parade nya, dan ada banyak WARTAWAN disana! (gue masuk tipi gak ye?)
 
Ini SLOGAN nya : INI BARU JOHAR BARU!

Akhirnya sampai juga!!! Keringetan booo, capek, aus, naek sepeda aje bejubel. 

AKHIRNYAAA!!! GUE FOTO SAMA SI ABAAAAANGG!!! AAAAAAA.... Sayang nya foto nya jelek karena gue lupa makein blitz di kamera gue :’( gue merasa sangat pendek di foto ini, alhasil, gue memupuskan obesesi gue ikutan abang none karena gue kurang tinggi!!!

Kurang lebih jam sepuluh, acara dilanjutan dengan penampilan kreasi dari warga Johar Baru! Itu pak walikota lagi nonton!
Acaranya kurang lebih seperti tujuh belas agustusan. Dan itu ruaaameeee buangeettts!!! INTI DARI ACARA ini sebanarnya adalah: menakan konflik yang terjadi di Johar Baru. Menjadikan acara ini sbagai sarana untuk berkreasi dalam hal positif.

Itu bule yang tadi. Mukanya bahagia banget gue liatin dari tadi, padahal diaikutan parade nya jalan kaki. Gue yang naik sepeda aje masih engap.
Kita break jam sebelas sampe jam dua. Adik gue sudah menyerah berjubel, dan akhirnya gue diantar ke hotel. Gue sekeluarga check in di hotel grand cempaka yang posisi nya nggak gitu jaduh dari kecamatan Johar Baru, dan gue tidur siang disitu. 
NIATNYA!! Gue pengen ikutan balik lagi ke Johar sama bokap gue pengen liat penampilan anak gaul yang pada nge-band, TAPI.. pas gue bangun, EMAK BAPAK GUE UDAH PERGI DULUAN -____- aneh banget gue nggak dengar pisan enyak babeh gue pergi. Akhirnya gue gagal mantengin acara ntu ampe beres. Padahal gue yakin malem nya bakal lebih heboh aksi panggungnye dan banyak anak muda keceh nya. Hahaaa..
Namun ternyata, Jakarta diguyur hujan sore itu. Sedikit tidak menyesal jadinya. Apa kabar panggung megah di depan kantor kecamatan?

Akhirnya gue menghabiskan hari dengan menikmati wifi hotel dan nonton tivi korea. LO BOLEH BILANG GUE NORAK!! Akhirnya, gue bisa nonton KBS sama ARIRANG di tipi. Hahaha.. Gue nonton 1N2D walau Seung Gi udah lama resign. Gue juga nonton K.Will oooohhh :’) (gue terobsesi pengen pasang tivi kabel di rumah).
Pemandangan malem dari kamar gue. SUKAAA BANGEEETTT..
Oke sekian aja dulu. DAMAI DAN SEJAHTERALAH WARGA JOHAR BARU!!!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Semoga JB (Johar baru) jadi kawasan yang damai dan aman

    Antena Tv Bagus Wajanbolic,yg unik,awet,cocok & jernih untuk TV LCD,TV LED,TV Plasma,TV Digital & Tv Model Lama.

    Yang Senang Nonton Sepak bola Liga Dunia tanpa diacak
    lebih asyik nonton Tv dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic!

    Nonton TV lebih Asyik Dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic

    http://antenatv-rakitan.blogspot.com/

    ReplyDelete

Comment