TRANSJAKARTA LIFE

February 15, 2019

Landasan utama gue bikin tulisan ini adalah;
Orang indonesia masih banyak yg tumbuh besar di dalam mobil atau kendaraan pribadi. Dimanja dengan yang namanya private space. Jarang yang dari kecil diajarin etika naik kendaraan umum padahal ini penting banget biar nggak berakhir drama dan trauma. Hasilnya dari bersar dimanja ya gini, kepekaan sosial masih lemah. Nggak heran kalau susah bener Indonesia jadi negara maju -_-

Bisa gue katakan TransJakarta adalah salah satu perusahaan transportasi publik yang memilik sistem terbaik dan aturan tegas yang mengikat penumpangnya. Keberadaan PLB (Petugas Layanan Bus) dalam setiap unit bus membuat TransJakarta memiliki nilai plus dimata gue. Teguran keras tak ragu mereka layangkan untuk penumpang-penumpang egois yang selalu merasa diri bak raja padahal bayar cuma 3500 perak pake subsidi pemprov pulak. Keberadaan PLB tidak hanya memberikan kenyamanan tapi juga keamanan bagi setiap penumpangnya. Gue selalu berharap PT Transportasi Jakarta konsisten dengan aturan-aturan dasar yang mereka pegang dan gue percaya dengan slogan #KiniLebihBaik milik mereka. 


Terlepas dari sistem nya yang udah oke punya, agaknya masih ada hal yang gue sayangkan, yaitu; ETIKA PENUMPANG. Banyak banget etika basik yang masih sering di langgar oleh penumpang yang bikin gue gedeg. Balik lagi kayak pernyataan pembuka, masih banyak orang Indonesia yang mindset nya ketutup sama kalimat 'pembeli adalah raja' dimana mereka selalu menuntut hak tapi lupa dengan kewajiban nya.

Disini gue mau jabarkan beberapa ETIKA UMUM yang harusnya dipatuhi ketika naik kendaraan umum. (Dikutip dari CNN dengan revisi pribadi)

Antre
Menurut gue antri itu menggambarkan sikap seseorang. Di Indonesia emang masih susah banget di suruh antre tertib. Mau masuk bus nyerobot, mau keluar juga nyerobot, nggak ngerti maunya apa? Nggak cuma soal naik-turun bus, mau tap-in dan tap-out aja suka nggak mu ngantre. Jujur aja nih ya, walau nantinya gue bakal jadi emak-emak juga, tapi emak-emak jaman sekarang tuh astagfirullah sekali -_- Suka tiba-tiba nyempil sambil masang muka sok innocent, nyelip dari samping, sundul dari belakang, sering banget kejadian begini disaat beberapa anak-anak muda udah bikin antrean rapih. EMAK EMAK WHY OH WHY? Gue rasa selama ini pembenaran atas tingkah laku emak-emak ini udah salah, justru karena sering di bikin jargon, emak-emak jadi makin gede kepala -_-

Dahulukan Penumpang Yang Turun
Ini juga basic manner banget sebetulnya tapi masih ada aja yang nggak paham. Suka heran sama orang yang main tancep gas nyerobot masuk begitu pintu bus baru dibuka (gak jarang ada yang sambil body-body orang yang mau turun). Kasian abang PLB yang setiap buka pintu harus tereak "Yang turun dulu yaaa". Padahal penumpangnya rata-rata orang dewasa loh, masa hal kayak gini aja harus di dikte macem bocah. Logikanya udah jelas loh, kalau lu nyeborot masuk pas ada penumpang yang mau turun, otomatis yang mau turun jadi gak bisa turun kan? Yang ada senggol-senggolan, udah gitu di dalem bus malah jadi penuh. Padahal enak kalau ngeduluin yang turun dulu, otomatis space di dalem jadi makin renggang dan nggak pake senggol-bacok segala. Biasanya orang-orang yang nge gas gini tuh dia pengen dapet duduk. Okelah seleksi alam ini mah, tapi suka nggak paham juga sama orang yang udah tahu di dalem sesek masih juga nggak mau ngasih jalan ke yang turun. Di dalem juga belum tentu bisa nafas -_-

Usahakan Masuk ke Bagian Paling Dalam Bus
Gue juga suka nggak paham sama orang yang demen banget nangkel deket pintu atau di area pintu padahal itu akses orang keluar-masuk bus disaat di turunnya masih jauh. Pengen PDKT sama mas-mas PLB apa ya? Kalau halte tujuannya masih jauh, justru menurut gue lebih enak masuk ke bagian paling dalem (bagian di samping/depan orang duduk) jangan dipintu. Kenapa? Satu, elu nggak akan kegeser-geser atau di misi-misiin sama orang yang mau turun karena elu nggak ngalangin jalan. Dua, kalau lu masuk ke paling dalem ke deket orang duduk, ada kemungkinan elu bakal dapet duduk ketimbang elu yang berdiri di area pintu. Gue bukan tipikal orang yang obsesi sama bangku sebetulnya, tapi gue selalu masuk ke paling dalem dengan alasan posisi itu emang nyaman nggak pake ke bodi orang, dan kenyataannya gue emang sering banget dapet bangku dengan berdiri di area itu.

Berikan Bangku Untuk Penumpang Tertentu
Padahal TransJakarta udah menyediakan kursi prioritas yang ditujukan untuk penumpang tertentu kayak, lansia, ibu hamil, disabilitas, dsb. Gue sendiri lebih memilih untuk berdiri ketimbang duduk dibangku prioritas karena gue merasa bangku itu bukan hak gue. Tapi nggak jarang juga beberapa penumpang tetep duduk dibangku itu walau ada penumpang prioritas di depan mata mereka. Yang gue kadang sesalkan adalah kenapa mereka nggak peka ngasih bangku itu ke yang berhak sebelum kena tegur PLB.

Ada yang bilang orang yang biasa naik kendaraan umum itu biasanya tahan banting. Gimana enggak? Contoh area pergulatan paling sengit itu di gerbong wanita commutter line, area gulat paling bahaya bahkan cowok-cowok aja nggak berani. Selain itu, anak publik transport juga harus tahan menerjang hujan dan menghadapi segala cuaca, harus kuat fisiknya karena nggak jarang kita kudu ngejar bus, berdiri sampe tempat tujuan tapi jalanan macet, atau jalan di halte transit yang supeeer jauh.


Diatas itu beberapa hal yang harus diperhatikan saat naik kendaraan umum menurut CNN. Tingkah polah penumpang yang heterogen bikin selalu ada cerita ngakak. Nah, dibawah ini gue mau tambahin beberapa kelakuan nyeleneh penumpang yang suka gue termuin yang menurut gue pribadi itu mengganggu;

  1. Meluk tiang. Okelah kalau butuh pelukan, tapi jangan tiang TJ juga yang di peluk. Tiang itu bisa jadi satu-satunya penyelamat hidup penumpang dari goncangan bus yang maha dasyat. Jadi kalau bisa, secapek apapun, tiang jangan di peluk, cukup di genggam aja.
  2. Pakai dua pegangan gantung buat dua tangan. Satu aja cukup kok. Sering banget nih gue ketemu sama penumpang begini, biasanya, salah satu pegangannya suka gue rebut aja.
  3. Ngelipet kaki. Gimana ya jelasinnya? Pokoknya kayak nyilangin kaki gitu. Beberapa waktu lalu ada berita, seorang penumpang TJ di tusuk oleh pria tak di kenal di halte BNN dan setelah di selidiki ternyata pelaku (yang katanya sedikit mengalami gangguan kejiwaan itu) mengaku jika ia tidak suka melihat orang duduk menyila karena baginya itu penghinaan. Gue bisa relate sama pelaku itu (bukan membenarkan tindakan dia ya). Duduk nyila yang kebanyakaan orang pikir nggak masalah itu sebenernya emang mengganggu lo. Pertama, saat lu nyila, pasti salah satu kaki lu itu posisinya ngegantung kan? Nah itu, sepatu bisa ngenain orang yang duduk disebelahnya atau kalau di dalem bis menganggu orang yang berdiri di depannya. Kakinya yang di sila itu kayak makan hak orang lain gitu. Pernah juga di bus SAF, gue duduk di belakang supir, nah mbak-mabk yang disamping gue itu duduk nyila terus alas sepatunya kena ke dinding pemisah ruang penumpang dan pramudi. Gue nggak secara langsung kena imbas dari kelakukan dia ini sih, tapi karena sepatu dia itu, dinding bus jadi kotor. Kan sayang.. Harusnya kita bisa sama-sama jaga fasilitas publik.
  4. Naro barang/tas di bangku. Ini sering juga kejadian. Pernah di halte bea cukai ada mbak-mbak naro payung basah dia di bangku. Micin banget kan orang? Gimana orang lain mau duduk di bangku itu coba kalau basah? Pernah juga ada ibu-ibu naro barang belanjaan di tempat duduk disampingnya. Kalau bus kosong sih, dia mau naro barang terus selonjoran juga gue nggak masalah, tapi waktu itu bus agak penuh dan orang pengen duduk di bangku itu. Itu bangku buat duduk yang buk, tolong, bukan buat naro barang.
  5. Ngobrol keras-keras. Kalau ini biasanya anak cabe nih yang kayak gini. Suka nggak kontrol volume ngobrol sampe seisi bus bisa dengerin dia lagi ngomongin gebetannya. Udah gitu biasanya bahasanya kasar. Suara yang keras itu sangat menganggu, karena banyak dari penumpang yang butuh tenang atau istirahat di bus
Kurang lebih itu kelakuan penumpang yang beberapa kali gue ketemui dan cukup bikin gue gedeg kalau ketemu salah satu spesiesnya.


Tapi, terlepas dari segala drama yang sering terjadi itu, gue nggak kapok naik TJ. Karena dulunya gue juga manusia private transport, gue jadi bisa compare sendiri enak nggak enaknya naik kendaraan umum sama kendaraan pribadi. Jujur aja, kalau bukan karen urgensinya, gue akan lebih milih naik kendaraan umum ketimbang kendaraan pribadi.

Secara irit ongkos, hampir nggak ada bedanya. Transjakarta cuma 3.5k jauh dekat, seminggu PP butuh ongkos 50k, kalau ngebensin gue juga abis 50k (3lt pertamax) kadang nambah ditengah minggu karena jarak dari rumah ke kantor emang agak jauh. Lebih irit beberapa ribu kalau naik TJ. Emang sih, minus nya kita jadi nggak bisa mampir atau melipir beli cilok dulu kalau naik TJ. 

Satu hal yang paling kerasa banget di diri gue setelah gue resign jadi sobat aspal adalah, kulit gue jadi bersih. Ini beneran loh, pergelangan tangan yang dulunya item sekarang putih banget, udah gitu muka gue yang dulunya gampang jerawatan kalau kena debu sekarang jarang. Gimana enggak? Naik TJ udah ber-AC, bebas debu pulak. Selain itu hal yang paling bikin gue seneng adalah karena gue bisa tidur diperjalanan. Kalau bawa motor atau mobil, udah nyupir sendiri, kena macet, stress juga. Kalau naik TJ, mau jalanan yang steril nya itu lagi apes kena macet juga, gue bisa tidur atau baca buku/berita dimana kalau kita bawa kendaraan sendiri itu nggak bisa nyambi apa-apa. Intinya secara mental dan waktu lebih menguntungkan naik kendaraan umum karena di supirin.

Selain itu nggak bikin macet itung-itung ngurangin polusi juga, kita juga dapet treasure kalau lagi beruntung. Babang PLB banyak yang good-looking dan nggak kalah perhatian sama pacar (kayak yang punya pacar aja pin?)
"Hati-hati langkahnya,"
"Tolong bangkunya,"
"Mbak turun sini?"

SKSD an macem gini kadang jadi cerita sendiri. Ngakaknya, ada babang PLB yang kenal gue karena kata dia gue mirip Nissa Sabyan (serius loh!). Gue nggak sengaja ketemu dia 3x dan dia manggil manggil nissa mulu ke gue.

Yang paling penting dari semua keuntungan di atas adalah, naik kendaraan umum itu melatih kepekaan sosial dan interaksi sosial. Kita jadi banyak ketemu orang dengan segala tabiat, belajar menghadapi keegoisan orang, belajar menghargai orang, belajar jadi kompak, dan lain sebagainya.

Jadi, buat yang selama ini hidupnya tergantungan banget sama motor atau mobilnya, coba deh sekali-kali naik TJ, dijamin, bakal ada hal yang seru buat diceritain :)

You Might Also Like

0 komentar

Comment